Sobat Souja, banyak orang yang suka makanan pedas, tapi makan terlalu berlebihan justru bisa memicu sensasi terbakar di mulut hingga menyebabkan sakit perut. " />

Ikuti Cara Efektif Saat Mengatasi Mulut Kepedesan!

  • Kamis, 09/09/2021 - 09:29 WIB
Sobat Souja, banyak orang yang suka makanan pedas, tapi makan terlalu berlebihan justru bisa memicu sensasi terbakar di mulut hingga menyebabkan sakit perut. Pada saat Anda menggigit cabai, capsaicin akan menempel di reseptor lidah, memunculkan rasa pedas dan sensasi terbakar. Setelah itu, reseptor lidah membawa sinyal ke otak menandakan tubuh menyentuh sesuatu yang panas. Hal ini bisa membuat tubuh berkeringat ketika kepedasan. Rasa pedas yang terasa pun bisa semakin kuat dan tak kunjung hilang. Untuk mengatasi kepedasan, kalian bisa mengonsumsi beberapa makanan/minuman yang membantu menetralkan rasa di lidah. Berikut ini terdapat beberapa jenis makanan/minuman yang dipercaya ampuh untuk menetralisir rasa pedas di mulut, langsung aja kita simak bersama yuk!
 
makan cabe
Source: tstatic.net
 
1. Minum Susu
Salah satu cara mengatasi kepedasan yang paling banyak orang coba yaitu minum susu. Susu dianggap dapat meredakan rasa pedas di mulut berkat protein di dalamnya yang disebut kasein. Kasein dalam susu ternyata bisa membantu memecah capsaicin pada cabai. Pada saat kalian minum susu, kasein akan membantu membersihkan molekul capsaicin yang penuh minyak dan mengambang di sekitar mulut.

2. Makan Nasi/Roti
Makanan lain yang diklaim mampu menghilangkan rasa pedas yaitu nasi/roti. Pasalnya, kedua makanan ini termasuk sumber karbohidrat dengan pati yang memberikan sensasi kasar di mulut. Pada saat kalian makan nasi atau roti, reseptor lidah akan menangkap sinyal berbeda. Sensasi kasar yang dimunculkan mengecoh reseptor sehingga tidak lagi mendeteksi rasa pedas di lidah. Selain itu, makan makanan bertepung dapat membantu menyerap sejumlah capsaicin dan mencegah senyawa ini masuk ke tubuh.

3. Konsumsi Madu/Gula
Air gula ini dapat menghilangkan kepedasan cabai hingga tingkat yang tidak terdeteksi. Itu sebabnya, satu sendok makan atau gula mungkin dapat membantu mengatasi rasa pedas di mulut. Cobalah untuk mencampurkan 1 sendok makan gula ke dalam air atau oleskan madu secukupnya. Hal ini bertujuan melapisi lidah untuk meredakan sensasi terbakar dari cabai.

4. Minum Minuman Asam
Bagi kalian yang tidak bisa minum susu sapi, jangan khawatir. Alih-alih minum susu, Sobat bisa memilih minuman asam sebagai cara mengatasi kepedasan. Begini, capsaicin merupakan molekul basa maka senyawa asam pada air lemon atau jeruk dapat membantu menetralkan aktivitas molekulnya. Hal ini yang memungkinkan makan atau minum sesuatu yang asam, seperti lemun atau jeruk nipis membantu mendinginkan mulut yang kepedasan.

5. Makan Selai Kacang
Selai kacang mentega (peanut butter) mengandung lemak yang cukup tinggi. Artinya, peanut butter bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan rasa pedas dan panas pada mulut. Tidak hanya itu, kandungan gula pada selai kacang berkontribusi besar dalam mengatasi sensasi terbakar yang dirasakan setelah makan makanan pedas.
 
mulut kepedesan
Source: cloufront.net
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa jenis makanan/minuman yang bisa menghilangkan rasa pedas saat kalian sedang mengonsumsi makanan pedas. Namun, setiap orang memiliki kemampuannya sendiri-sendiri dalam menghadapi makanan pedas. Akan tetapi, beberapa ahli kedokteran menyebutkan bahwa kita jangan terlalu sering makan makan yang terlalu pedas dalam jumlah porsi yang banyak, karena hal ini dapat mengganggu pencernaan pada usus lambungmu. Semoga informasi di atas bisa membantumu ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.