Perlukah Minum Minuman Berenergi Saat Berolahraga?

  • Jumat, 10/09/2021 - 09:11 WIB
Hai, Soubat Souja! Saat berolahraga tubuh membutuhkan asupan air yang lebih banyak untuk mengganti cairan yang hilang dan menopang kerja otot agar semakin optimal.

Oleh karena itu, setiap orang yang berolahraga disarankan untuk minum lebih banyak daripada biasanya. Untuk memenuhi kebutuhan cairan ini, apakah perlu untuk minum minuman berenergi saat sedang berolahraga?

Jawabannya beragam. Minuman energi dapat diperlukan dan juga tidak diperlukan atau cukup dengan air putih saja, tergantung intensitas olahraga.

Pada olahraga ringan atau latihan di bawah 60 menit umumnya tidak memerlukan minuman berenergi, sehingga cukup dengan air putih. Pasalnya, minuman berenergi mengandung gula dan kalori yang tinggi.

Jangan sampai kalori yang masuk lebih banyak ketimbang kalori yang keluar saat berolahraga.

"Gula tidak buruk dalam minuman suplemen energi jika dikonsumsi dengan benar untuk penggunaan fungsionalnya. Ingat, jika Anda tidak berolahraga cukup keras untuk menguras nutrisi dan air, minuman suplemen energi dapat menambah kalori berlebih ke dalam tubuh Anda," kata kata Director Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition Dana Ryan, dikutip dari Antara.

Saat berolahraga dengan intensitas tinggi atau di atas 60 menit, tubuh akan kehilangan banyak elektrolit melalui keringat.

Oleh karena itu, tubuh membutuhkan elektrolit tambahan. Elektrolit ini bisa didapatkan dari minuman berenergi. Elektrolit berguna untuk menjaga kadar cairan tetap seimbang dan juga mendukung aktivitas otot.

"Minuman karbohidrat-elektrolit meningkatkan kinerja atletik dengan meningkatkan gula darah dan mempertahankan tingkat oksidasi karbohidrat yang tinggi, yang pada akhirnya mencegah kelelahan dan kekurangan tenaga yang dirasakan," kata Dana.

Pilihlah minuman berenergi yang tepat saat berolahraga dengan intensitas tinggi. Periksa label minuman berenergi sebelum mengonsumsinya,

Kandungan nutrisi yang disarankan pada minuman berenergi adalah 6-18 gram gula dari glukosa dan sukrosa, dalam larutan karbohidrat 3-6 persen dan 80-160 miligram natrium. Periksa juga kandungan elektrolit dan vitaminnya.

Pastikan tubuh minum cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi saat berolahraga. Dehidrasi saat berolahraga dapat ditandai dengan munculnya gejala berupa sakit kepala, mulut kering, tubuh lemas, dan kelelahan otot atau kram.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.