5 Tips Manajemen Waktu untuk Tetap Melakukan Hobi di Tengah Kesibukan

  • Selasa, 14/09/2021 - 10:39 WIB
Hai, Sobat Souja! Setiap orang tentunya memiliki beragam hobi yang berbeda-beda. Hobi tersebut tentunya sudah menjadi bagian dari hidup dan kadang kala sulit untuk dilepaskan.

Meski hobi sering dianggap sebagai solusi terbaik untuk melepaskan rasa stres, namun banyak yang tak bisa melakukannya karena kesibukan. Kamu dapat melakukan pekerjaan yang padat dengan hobi secara beriringan melalui beberapa tips berikut ini.

1. Membuat skala prioritas pekerjaan

Beberapa orang mungkin menanggung beban pekerjaan yang berbeda-beda. Ada yang dirasa mudah untuk dikerjakan, ada pula yang sulit dan membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Kamu harus mampu untuk membuat skala prioritas terlebih dahulu. Nantinya skala prioritas tersebut akan membantu untuk memilah pekerjaan apa saja yang bisa dikerjakan terlebih dahulu, sehingga tak akan memakan banyak waktu.

2. Memilih hobi yang tak merepotkan

Memang setiap orang tak dapat disama ratakan hobi-hobinya. Ada beberapa orang yang memiliki hobi sederhana, ada pula yang rumit.

Tentunya untuk seseorang yang memiliki beban pekerjaan yang banyak, memiliki hobi berat jelas bukan hal yang menyenangkan. Sebaiknya kamu dapat memiliki hobi yang ringan dan dapat dilakukan di sela kesibukan.

3. Memaksimalkan waktu singkat yang tersedia

Sesibuk apapun kamu bekerja, pastinya akan selalu ada celah untuk melakukan hal lain. Tentu saja waktu singkat yang dimiliki harus dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Salah satu cara terbaiknya adalah dengan menggunakan waktu yang singkat tersebut untuk melakukan hobi. Meski singkat, namun setidaknya tetap bermakna.

4. Melakukan pekerjaan dan hobi sesuai pembagian waktu yang ada

Kamu tentunya memiliki tanggung jawab utama sebagai seorang pekerja. Tanggung jawab itu lah yang harus kamu pegang selama melakukan pekerjaan.

Meski dilanda kesibukan dalam bekerja, namun pasti selalu ada jadwal yang kamu taati dalam bekerja. Bagilah jadwal yang kamu punya sebijak mungkin agar nantinya tetap ada waktu untuk melakukan hobi, sehingga tak terbuang untuk hal percuma.

5. Tidak mengulur waktu untuk salah satunya

Antara melakukan pekerjaan dan hobi tentunya tak bisa dikatakan harus selalu seimbang. Hal ini kembali lagi pada prioritas utamamu sebagai seorang pekerja.

Meski demikian, namun kamu harus dapat mengatur waktu sebaik mungkin dalam bekerja dan melakukan hobi. Jangan sampai justru berlebihan di salah satunya.

Hobi merupakan pelarian terbaik untuk melepas lelah dari beban pekerjaan. Buatlah manajemen waktu sebaik mungkin dalam membaginya. Jangan sampai justru keteteran, ya!

Sumber: IDN Times

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.