5 Manfaat Positif dari Menangis, Simak yuk!

  • Rabu, 08/09/2021 - 10:38 WIB
Sobat Souja, menangis merupakan reaksi wajar kala kita merasakan sedih, murka atau terlalu bahagia. Namun tahukah kamu jika menangis punya manfaat baik buat kesehatan, terutama kondisi mental? Berikut ini beberapa manfaat positif dari menangis, simak yuk!


Mengembalikan Mood
Selain mengurangin rasa sakit, menangis, terutama menangis terisak-isak, akan meningkatkan mood kita. Saat terisak, kita akan menghirup banyak udara sejuk dengan cepat. Menghirup udara yang lebih dingin ini dapat membantu mengatur dan menurunkan suhu otak. Baca juga: Jangan Suruh Anak Berhenti Menangis, Apa Sebabnya? Otak yang dingin akan membuat tubuh dan pikiran lebih tenang dibanding otak yang hangat. Hasilnya, suasana hati pun membaik.


Detoks
Air mata dibagi menjadi tiga jenis, yaitu air mata refleks, air mata terus menerus, dan air mata emosional, yang ketiganya memiliki fungsi berbeda. Air mata refleks akan membersihkan kotoran seperti asap dan debu dari mata, sementara air mata terus menerus akan memasahi mata, dan melindunginya dari infeksi. Nah, air mata emosional berisi hormon stres dan racun lainnya, membuat para peneliti menganggap menangis mengeluarkan hal-hal buruk ini dari sistem tubuh, meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut. 


Mengurangi Rasa Sakit
Menangis untuk waktu yang lama akan melepaskan oksitosin dan opioid endogen (endorphin). Kedua homon yang membuat kita merasa baik ini dapat membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Setelah endorfin dilepaskan, tubuh mungkin mengalami tahap mati rasa, sementara oksitosin memberi rasa tenang atau sejahtera.


Menyeimbangkan Emosi
Menangis tidak hanya terjadi saat kita merasa sedih, tapi juga saat merasa sangat senang, sangat takut, atau tertekan. Para peneliti di Yale University pun meyakini bahwa menangis adalah cara untuk mengembalikan keseimbangan emosional. Baca juga: 3 Tips Tenangkan Bayi yang Menangis Jadi, saat kita merasa terlalu bahagia atau takut dan menangis, mungkin itu cara tubuh untuk menyembuhkan diri dari emosi yang kuat.


Bayi Lebih Nyenyak 
Setelah bayi dilahirkan, mereka harus mulai bernapas sendiri, membantu paru-paru bayi beradaptasi dengan kehidupan di dunia luar. Selain itu, tangisan pertama juga membantu bayi mengeluarkan cairan ekstra di paru-paru, hidung, dan mulut. Tak hanya itu, menangis juga membantu bayi tidur lebih baik di malam hari Dalam sebuah penelitian, 43 partisipan melakukan controlled crying untuk menidurkan bayi mereka. Dengan metode ini, bayi dibiarkan menangis selama beberapa menit sebelum orangtua mereka terlibat. Dari sana terbukti bahwa tangisan meningkatkan durasi tidur dan mengurangi frekuensi bayi terbangun di malam hari. Setelah diteliti setahun kemudian, rupanya tangisan itu tidak meningkatkan stres pada bayi atau berdampak negatif pada ikatan orangtua-anak.


Sumber: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.