Kapan Waktu Tepat Makan Es Krim Agar Otak Lebih Cerdas? Simak yuk!

  • Senin, 13/09/2021 - 09:55 WIB
Sobat Souja, es krim merupakan salah satu kudapan lezat yang disukai banyak orang. Kelembutan teksturnya yang creamy dan manisnya yang segar pasti membuat seseorang tak mampu menolak. Selain kesannya yang bisa menggemukkan badan, pernahkah kamu menyangka bahwa makan es krim ternyata punya efek sangat baik untuk kesehatan otak? Melansir Fimela, penelitian membuktikan bahwa makan es krim pagi hari bisa membuatmu cerdas. Sebuah penelitian yang dilakukan ole profesor Yoshihiko Koga, Kyorin University dari Jepang menyebutkan bahwa makan es krim di pagi hari mampu membuat otak cerdas.


Koga menganalisis hasil serangkaian uji klinis yang mengukur aktivitas otak setelah makan makanan yang berbeda pada suhu yang berbeda di pagi hari, dan menemukan bahwa efek makan makanan dingin ternyata cukup baik untuk otak. Peserta dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta makan es krim segera setelah bangun tidur, sedangkan kelompok lainnya tidak makan es krim. Setelah melakukan serangkaian ujian di komputer, ia menemukan bahwa suhu dingin dari es krim mampu mengejutkan otak sehingga membangunkannya dalam keadaan aktif, meningkatkan kewaspadaan dan bahkan menjaga kondisi mental.


Sementara itu, kelompok yang tidak makan es krim tidak mengalami perubahan positif ini. Dalam hasil analisisnya, ia menemukan bahwa ada peningkatan gelombang alfa dalam frekuensi yang tinggi. Gelombang ini biasanya terkait dengan kewaspadaan seseorang. Makan es krim di pagi hari juga terbukti mampu mengurangi iritasi mental. Dengan kata lain, orang yang melek karena terkejut dengan suhu dingin dari es krim ini pada akhirnya tidak terlalu marah karena terjaga sejak awal. Berbeda dengan efek alarm atau dibangunkan seseorang yang seringkali menimbulkan rasa kesal.


Ketika kondisi otak sangat positif sejak bangun tidur, segala hal yang dipikirkan akan menjadi lebih baik, entah itu mengerjakan atau mengingat sesuatu. Jadi jika ingin otak cerdas sejak bangun tidur, coba makan es krim segera setelah kamu bangun tidur ya Sobat Souja! Namun ingat, untuk membatasi asupan gula agar terhindar dari resiko diabetes. 


Sumber: Fimela


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.