5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

  • Rabu, 22/09/2021 - 09:08 WIB
Hai, Sobat Souja! Kualitas tidur yang baik penting dalam menyokong kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain dipengaruhi aktivitas, ada pula faktor makanan yang menentukan kualitas tidur Anda. Berikut makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur.

Umumnya Anda disarankan untuk memenuhi waktu tidur antara 7 hingga 9 jam tanpa gangguan.

Tidur berkualitas dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, menjaga otak tetap sehat dan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Oleh karena itu, memilih makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur juga perlu masuk daftar perhatian Anda.

Perubahan pola makan merupakan salah satu dari banyak strategi yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur.

Berikut lima minuman dan makanan yang baik Anda konsumsi sebelum tidur demi meningkatkan kualitas tidur, sebagaimana dilansir Healthline.

1. Almond
 
d 
Sumber: iNews 

Kacang almond seringkali disebut dalam beberapa rekomendasi menyoal kesehatan. Kacang ini memang memiliki aneka manfaat bagi tubuh.

Almond merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, lantaran 1 ons atau 28 gram kacang panggang kering mengandung 18 persen dari kebutuhan harian orang dewasa akan fosfor dan 23 persen riboflavin.

Satu ons almond juga bisa memenuhi 25 persen kebutuhan mangan harian untuk laki-laki dan 31 persen kebutuhan mangan harian untuk perempuan.

Makan almond secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko terhadap beberapa penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Simpulan ini berhubungan dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, serat dan antioksidan dari almond.

Sebuah studi mengklaim almond juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Ini lantaran almond, sama seperti beberapa jenis kacang lain, merupakan sumber hormon melatonin yang mengatur jam internal tubuh untuk memberikan sinyal bersiap tidur.

2. Teh chamomile
 
d 
Sumber: Klik Dokter 

Jenis teh chamomile merupakan teh herbal populer yang terkenal dengan flavon. Ini merupakan golongan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan yang sering menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Ada juga beberapa bukti yang menyebut bahwa minum teh chamomile dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, teh chamomile juga disebut memiliki beberapa khasiat unik yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

Secara spesifik, studi menyebut teh ini mengandung apigenin. Antioksidan tersebut mengikat reseptor tertentu di otak dan dapat meningkatkan rasa kantuk serta mengurangi insomnia.

Untuk itu, teh chamomile menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur.

3. Kiwi
 
d 
Sumber: Bola.com 
 
Kiwi adalah buah yang rendah kalori dan sarat gizi. Satu kiwi mengandung 42 kalori dan sejumlah nutrisi, termasuk 71 persen DV untuk vitamin C. Buah ini memberikan 23 persen kebutuhan harian vitamin K untuk laki-laki dan 31 persen untuk perempuan.

Kiwi juga mengandung jumlah folat dan potasium yang menjanjikan serta mineral.

Selain itu, buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan dan, menurunkan kolesterol. Khasiat ini lantaran kiwi memiliki jumlah serat dan antioksidan karotenoid yang tinggi.

Menurut penelitian tentang potensi meningkatkan kualitas tidur, kiwi menjadi salah satu makanan terbaik yang layak dikonsumsi sebelum tidur.

Dalam studi selama empat pekan, 24 orang dewasa makan kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam. Pada akhir penelitian, partisipan tertidur 42 persen lebih cepat dibandingkan saat mereka tidak makan apapun sebelum tidur.

Di sisi lain, kemampuan tidur sepanjang malam tanpa bangun pun akan meningkat 5 persen, sementara total waktu tidur naik 13 persen. Efek ini kadang dikaitkan dengan serotonin, zat kimia pada otak yang membantu mengatur sikluls tidur.

4. Nasi putih
 
d 
Sumber: CNN Indonesia 

Nasi putih jadi makanan pokok di banyak negara, termasuk Indonesia. Perbedaan utama beras putih dengan merah adalah dedak juga kuman pada beras putih telah dihilangkan. Karena itu beras putih lebih rendah serat, nutrisi dan antioksidan.

Meski begitu, nasi putih masih mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang cukup untuk tubuh.

Studi menunjukkan kandungan karbohidrat dan kurangnya serat berkontribusi pada indeks glikemik atau GI yang tinggi sehingga meningkatkan gula dalam darah.

Untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, Anda disarankan mengonsumsi makanan dengan GI tinggi, termasuk nasi putih, setidaknya satu jam sebelum tidur.

Untuk mencegah kenaikan berat badan, atur porsi konsumsi nasi putih yang mengandung karbohidrat ini.

5. Ikan berlemak
 
d 
Sumber: Sripoku.com 
 
Ikan berlemak seperti salmon, tuna dan mackerel yang kaya akan vitamin D juga salah satu yang disarankan. Ikan berlemak tinggi akan asam lemak omega-3 yang sehat, khususnya asam eicosapentaenoic atau EPA dan asam decosahexaenoic atau DHA.

EPA dan DHA dikenal mengurangi peradangan. Sementara asam omega-3 dapat melindungi dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan otak.

Kombinasi antara asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur. Ini karena keduanya berdasarkan studi, telah terbukti meningkatkan produksi serotonin.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.