4 Manfaat Tak Terduga dari Silica Gel

  • Kamis, 23/09/2021 - 09:40 WIB
Sobat Souja, Silica gel kerap ditemukan pada kemasan seperti kue kering, sepatu, tas hingga obat -obatan. Silika atau silikon dioksida pada dasarnya berperan sebagai penyerap uap air. Silica gel sering disisipkan ke berbagai produk untuk mencegah kerusakan akibat kelembapan udara. Melansir Howstuffworks, silica gel mampu menyerap hingga 40 persen kelembapan udara dalam tempat tertutup. Dengan kelembapan yang terjaga, akan mencegah barang rusak sebelum waktunya. Sebagian besar orang menganggap silica gel tidak punya fungsi apa-apa dan lebih memilih untuk langsung membuangnya. Padahal di balik ukurannya yang kecil, terdapat manfaat silica gel yang besar. Lantas, apa saja manfaatnya? Simak yuk! 


Mencegah Penggumpalan pada Kosmetik
Silica gel dapat mencegah make up berbahan dasar bubuk cepat menggumpal, berjamur, dan sulit diaplikasikan. Silica gel dapat dipakai pada produk yang rentan mengalami kelembapan, baik pada produk kemasan makanan, obat, elektronik, dan barang lainnya yang disimpan dalam ruang tertutup.


Mencegah Karat 
Simpan pisau cukur ke dalam wadah bersama dengan silica gel di dalamnya. Dengan cara ini, pisau cukur jadi tak mudah berkarat, sehingga dapat digunakan lebih lama.


Menyelamatkan Ponsel yang Terkena Air
Jika selama ini kamu merendam ponsel yang terkena air dengan beras, rupanya silica gel bisa juga jadi alternatif. Caranya, masukkan ponsel dan beberapa buah silica gel di dalam plastik ziplock. Biarkan semalaman dan nyalakan keesokan harinya.


Menjaga Kilau pada Perhiasan
Lembap dapat membuat perhiasan perak dan emas cepat memudar dan kusam. Agar kotak perhiasan selalu kering, taruh beberapa kantung silica gel untuk menghambat proses tersebut.


Cara penggunaan silica gel:
 
Sebagai Pengawet
Jika menggunakan silica gel untuk mekanan dalam kemasan pastikan kemasan tertutup rapat dan tidak ada kebocoran pada kemasan. Letakkan beberapa bungkus silica gel di sudut-sudut ruangan tertutup. Jika diletakkan dalam lemari, pastikan lemari pakaian tertutup rapat. Apabila diletakkan dalam kotak sepatu, letakkan di bagian dalam sepatu. Cek berkala kondisi silica gel, jika sudah tidak lagi aktif, ganti dengan silica gel baru.


Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.