Sobat Souja, salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengurangi konsumsi jajanan gorengan. Hal ini mungkin sulit dilakukan bila " />

Tips Cara Menghilangkan Kandungan Minyak Pada Gorengan

  • Jumat, 24/09/2021 - 09:08 WIB
Sobat Souja, salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengurangi konsumsi jajanan gorengan. Hal ini mungkin sulit dilakukan bila kalian sedang makan di luar rumah. Namun, ketika memasak sendiri, sebenarnya ada cara yang dapat Sobat lakukan untuk menghilangkan minyak pada gorengan lho. Makanan yang digoreng menggunakan minyak memang lebih mudah penyajiannya dan disukai oleh banyak orang. Konsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak minyak bisa meningkatkan risiko penyakit kronis. Cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit tersebut yakni dengan menghilangkan gorengan dan makanan tinggi minyak lainnya pada menu makanan hariannmu. Langsung aja yuk kita simak bersama tips menghilangkan kandungan minyak pada gorengan berikut ini!
 
cara makan berminyak
Source: mediaindonesia.com
 
1. Memasak Dengan Wajan Yang Bersih
Bila kalian menggunakan wajan yang belum dicuci, minyak akan terbakar dalam waktu cepat. Meskipun tak kasatmata, partikel minyak yang kotor akan lebih mudah menyatu dengan makanan sehingga makanan menjadi lebih berminyak.

2. Menggunakan Adonan Tepung Secukupnya
Gorengan berbalut tepung memang lezat, tapi apakah kalian sudah mengolahnya dengan cara yang tepat? Adonan tepung yang terlalu kental justru akan menyerap banyak minyak. Untuk mengatasinya, coba buatlah adonan yang encer dengan lebih sedikit tepung.

3. Menggunakan Minyak Secukupnya
Tiada cara yang lebih baik untuk menghilangkan minyak pada gorengan dibandingkan yang mengurangi pemakaian minyak. Sebisa mungkin, gunakanlah minyak secukupnya dan hindari teknik  deep fry agar makanan tidak basah oleh minyak goreng.

4. Menjaga Suhu Minyak Tetap Stabil
Suhu minyak yang berubah-ubah selama memasak dapat meningkatkan penyerapan minyak, menambah kandungan lemak dan kalori, serta membuat makanan tak lagi renyah. Alih-alih mendapatkan gorengan yang garing, makanan Anda justru akan sangat berminyak.

5. Meniriskan Makanan Yang Sudah Digoreng
Begitu kalian selesai menggoreng, segera tiriskan makanan untuk mengurangi minyak berlebih di permukaan makanan. Setelah itu, letakkan gorengan di atas beberapa lembar tisu makan selama beberapa menit untuk menyerap sisa minyak.
 
bahaya makanan minyak
Source: grid.id
Nah, itu dia Sobat Souja cara mudah yang bisa kalian terapkan sendiri di rumah guna menghasilkan makanan gorengan yang tidak terlalu banyak minyak. Semakin padat suatu makanan, semakin sedikit pula kandungan minyak di dalamnya. Sebaliknya, makanan yang mempunyai banyak pori, bentuknya tipis, atau kurang padat cenderung menyerap lebih banyak minyak. Hal ini disebabkan karena minyak mengisi ruang-ruang kosong yang ada dalam makanan tersebut. Oleh karena itu, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang beminyak ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.