Arti di Balik Kostum Pemain dan Penjaga Squid Game

  • Jumat, 01/10/2021 - 09:21 WIB
Sobat Souja, sudah menonton Squid Game? Perbincangan mengenai serial Squid Game terus bergulir. Tak heran bila kemudian Squid Game pun menempati posisi kedua serial Netflix terpopuler di seluruh dunia. Namun di balik itu, kostum Squid Game tak kalah menarik.

Serial Squid Game berpusat di sekitar beberapa permainan anak-anak, di mana yang kalah dieliminasi dan kemudian dibunuh.

Di sisi lain, para pemenang dari semua enam babak permainan akan mendapatkan 45,6 miliar won, hadiah menggiurkan untuk 456 kontestan yang terlilit utang besar-besaran.

Sementara premisnya sendiri cukup mendebarkan, penggemar juga terpesona oleh kostum, terutama yang dikenakan kontestan dan penjaga, dari serial sembilan episode ini.

Pakaian-pakaian itu cukup kasual dan santai, tapi di balik itu warnanya memiliki makna yang lebih dalam yang berbicara tentang banyak alur cerita.

Berikut arti di balik kostum yang dikenakan pemain dan penjaga dalam serial Squid Game.

1. Kostum pemain Squid Game

Untuk pemain, kostum Squid Game cukup kasual bak pakaian training atau olahraga.

Tampilannya terdiri dari tracksuit warna teal dengan nomor kontestan tercetak di bagian depan dan belakang dalam warna putih serta dipadukan dengan sepasang sepatu slip-on putih.

Sebagaimana dilansir Insider, gaya kasual di Squid Game digunakan untuk menciptakan ketegangan, sama seperti ide cerita permainan masa kecil yang mengakibatkan pembunuhan massal.

Pakaian kasual mungkin tampak tidak cocok untuk permainan bertahan hidup. Namun perpaduan tampilan ini dan permainan berisiko tinggi menambah sensasi sendiri.

Di samping itu, ini tampak memudahkan pemain dalam bergerak dalam permainan yang menegangkan, antara hidup dan mati.

Makna warna kostum pemain Squid Game memiliki tujuan yang sama. Teal menandakan kedamaian dan kelahiran kembali, memadukan "sifat menenangkan dari biru dengan kualitas pembaruan dari hijau", menurut Canva.

Warna ini juga digambarkan sebagai "warna revitalisasi dan peremajaan yang juga mewakili komunikasi terbuka dan kejernihan pikiran."

Warnanya terasa seperti trik psikologis karena komunikasi terbuka dan kejelasan adalah sesuatu yang sangat kurang di sepanjang serial.

2. Kostum penjaga Squid Game

Kostum penjaga Squid Game juga memainkan emosi penonton. Jumpsuit berkerudung mereka tampaknya cukup mengancam. Namun, warnanya sendiri jelas tidak mencerminkan hal itu.

Meskipun hot pink adalah warna yang energik dan provokatif, pink umumnya "membangkitkan gagasan kepekaan, rasa manis, dan romansa," menurut Canva.

Kendati demikian, itu bukan suasana hati yang mungkin diasosiasikan dengan seorang penjaga yang memimpin permainan bertahan hidup yang bisa berakhir dengan pembunuhan massal.

Beberapa penonton menafsirkan kostum penjaga Squid Game sebagai merah, dan warna itu mungkin lebih cocok untuk thriller.

Merah dapat melambangkan pertempuran, keberanian, dan kemarahan, menurut Live Science.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.