5 Cara Menjaga Imunitas Anak

  • Senin, 11/10/2021 - 09:37 WIB
Hai, Sobat Souja! Menjaga imuntas menjadi hal yang penting dilakukan, apalagi di masa pandemi Covid-19. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga harus memiliki imunitas tubuh yang kuat lantaran mereka tergolong dalam kelompok yang rentan terpapar Covid-19.

Dokter spesialis anak di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura, Dian menyebut imunitas anak sangat penting untuk dijaga dan ditingkatkan selama pandemi.

"Di sini saya tidak hanya singgung satu hal saja, misal makanan untuk menjaga imunitas anak. Tetapi banyak hal yang bisa dilakukan agar imun anak terjaga," kata Dian dalam webinar Peran Gizi Dalam Peningkatan Imunitas dan Pencegahan Penularan Covid-19 Pada Anak, Jumat (24/9).

Berikut 5 cara menjaga imunitas anak yang bisa dilakukan orang tua:

1. Penuhi nutrisi

Nutrisi yang baik berpengaruh terhadap daya tahan tubuh anak. Kata Dian, saat anak kekurangan gizi imunitasnya juga akan menurun.

"Dan ini meningkatkan risiko terpapar penyakit, saat terpapar maka akan terjadi nafsu makan turun. Penyerapan nutrisi turun. Sedangkan tubuh perlu kalori besar untuk melawan penyakit," kata Dian.

Para orang tua bisa melakukan beberapa hal agar gizi anak terpenuhi. Misal untuk anak usia 0-6 bulan, penuhi kebutuhan ASI dengan maksimal.

Sementara untuk anak di atas usia 6 bulan, bisa mulai dilakukan MPASI dengan memberikan makanan sambil dibarengi dengan pemberian ASI.

"Harus ada karbohidrat, lauk-pauk ditambah dengan sayur dan buah yang merupakan sumber vitamin, mineral dan serat. Jangan lupa minum air putih," kata dia.

2. Lakukan aktivitas fisik dan istirahat cukup

Tips agar anak terhindar dari berbagai gangguan kesehatan salah satunya dengan melakukan olahraga dan istirahat yang cukup. Saat pandemi, anak kurang beraktivitas fisik dan bergerak di luar rumah.

Ajak anak berolahraga atau melakukan beberapa aktivitas fisik, seperti bermain atau ikut membersihkan rumah, membereskan tempat tidur dan mainannya.

"Hal-hal yang mampu mereka kerjakan sesuai usianya. Lakukan kegiatan fisik seperti jalan kaki atau sepeda 30 menit sehari," kata dia.

Selain itu, pastikan anak tidur cukup. Sebab kualitas dan kuantitas tidur sangat berpengaruh terhadap imunitas dan perkembangan anak.

3. Perilaku hidup bersih dan sehat

Ajarkan anak untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Anak akan mencontoh orang tua. Oleh karena itu biasakanlah cuci tangan pakai sabun dan beberapa kebersihan lainnya.

4. Vaksinasi dan jaga protokol kesehatan

Lakukanlah vaksinasi terhadap anak sesuai anjuran pemerintah. Ingatkan pula anak untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

5. Jaga mental anak

Selain hal yang berkaitan dengan fisik, para orang tua juga harus menjaga kesehatan mental anak. Ajaklah anak berbicara tentang hal yang sedang mereka rasakan.

"Beri waktu agar mereka mau curhat, beri solusi tapi jangan menghakimi," kata Dian.

Itulah cara menjaga imunitas anak yang dapat dilakukan orang tua.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.