Mengenal 4 Tipe Manusia di Dunia, Apa Saja?

  • Rabu, 06/10/2021 - 09:00 WIB
Sobat Souja, jumlah penduduk di dunia hingga saat ini diperkirakan mencapai 7 miliar jiwa, maka tak mengherankan apabila ditemukan berbagai tipe kepribadian dengan keunikan masing - masing. Menurut Motivator Teosentris dan Kepemimpinan Transformasional, Eloy Zalukhu kepada Sonora, setidaknya ada empat tipe manusia yang ada di dunia, yakni:


The Wise (Bijaksana)
Tipe ini adalah tipe yang paling dituju, The Wise ini menjadi dasar untuk menjadi pribadi yang efektif dan produktif. Untuk menjadi pemimpin yang hebat dan bijaksana kita harus memiliki tipe ini. Eloy menjelaskan untuk menjadi pribadi yang bijaksana, ada pertanyaan yang harus ditanamkan dalam diri, yakni: 
"Berdasarkan gelap terangnya masa lalu, keadaan masa kini, mimpi-mimpi dan keinginan untuk masa depan, hal bijak apa yang harus dilakukan?"
Eloy menyarankan untuk menjadikan pertanyaan ini sebagai pedoman di dalam kehidupan. 


The Fool (Bodoh)
Tipe ini bukanlah masalah usia, tipe ini bisa terjadi pada orang-orang berusia 50-60 tahun. Tipe ini merupakan orang-orang yang tahu apa yang harus dilakukan namun tidak mau melakukannya atau mereka tidak disiplin dalam cara menghidupinya. Solusi untuk orang tipe ini adalah meningkatkan kedisiplinan. Mereka seringkali disadarkan dan berubah dengan adanya keadaan yang menyakitkan yang menyebabkan orang dengan tipe ini akan berpikir dan berubah.


The Simple (Sederhana)
Tipe ini adalah orang-orang yang memiliki cara berpikir yang sangat sederhana. PAda kategori usia, seringkali tipe ini adalah remaja yang kerap menganggap tahu akan sesuatu hal padahal ia tidak benar-benar mengetahuinya. Masalah pada tipe ini adalah mereka belum tahu karena belum berpengalaman. Tipe ini akan menjadi lebih baik ketika ia melakukan sebuah pelatihan dan mendapatkan pengalaman.


The Mocker (Pencemooh)
Tipe The Mocker ini adalah orang-orang yang bukan hanya tidak mau berubah, bahkan mereka akan selalu merasa dirinya yang paling benar dan orang lain yang harus mengikuti dirinya. Ia akan mentertawakan atau mencemooh orang-orang yang berbeda pendapat dengan dirinya. Orang lain tidak akan bisa memberikan saran apapun kepada tipe ini kecuali mengharapkan perubahan muncul dari dalam diri mereka sendiri. 


Sobat Souja, pengalaman masa lalu, saat kini, dan yang akan mendatang akan menolong kita untuk menjadi pribadi yang lebih bijaksana. Dalam hal ini kita membutuhkan refleksi dari rangkaian waktu tersebut. Selanjutnya pikirkan langkah bijak dalam mencapai mimpi tersebut berdasarkan pengalaman masa lalu dan aplikasikan tindakan yang bijak di masa kini.


Sumber: Sonora.id


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.