Posisi Tidur yang Bantu Mengecilkan Perut

  • Sabtu, 23/10/2021 - 12:02 WIB
 
Hai, Sobat Souja! Menurunkan berat badan dan membakar lemak butuh proses yang tak instan. Mulai dari menjalani diet, konsisten berolahraga, menjaga pola makan, sampai mengubah gaya hidup lebih sehat.

Akan tetapi, ada satu hal yang mungkin di luar dugaan, tapi bisa sedikit membantu membakar lemak tubuh khususnya di bagian perut yaitu mengenai pose tidur.

Posisi tidur ini dipercaya dapat membantu mengecilkan perut ketika Anda terlelap.

Cara menghilangkan lemak perut yang mengandalkan posisi tidur bisa diterapkan setiap hari saat beristirahat.

Tapi perlu diingat bahwa hal ini tidak cukup efisien apabila Anda bergantung sepenuhnya pada posisi tidur dan mengabaikan berolahraga.

Berikut beberapa posisi tidur yang dapat Anda coba lakukan supaya lemak di perut sedikit berkurang.

1. Posisi tengkurap

Posisi tengkurap umumnya dianggap sebagai gaya tidur terburuk karena efeknya dapat memberi tekanan ke tulang belakang yang terdiri atas banyak titik saraf.

Selain itu tidur tengkurap dapat memicu rasa nyeri di seluruh tubuh, baik di persendian, punggung, atau leher.

Tapi, para peneliti percaya bahwa posisi tidur membakar lemak dengan tengkurap akan memberi tekanan tambahan pada area perut dan mencegah penumpukan lemak berlebih, melansir Terry Clare.

Supaya posisi tengkurap tidak memengaruhi kesehatan secara serius, Anda dapat melakukan kombinasi gaya ketika tidur.

Misalnya 2 jam pertama tengkurap, lalu ganti pose menyamping ke kanan atau kiri. Cara ini membantu menghindari terjadinya gangguan pernapasan dan penyumbatan aliran darah.

2. Posisi telentang

Tidur telentang termasuk pose yang paling sehat karena Anda berbaring secara horizontal dengan kaki lurus atau sedikit lebih tinggi.

Khususnya bagi orang yang mengalami nyeri punggung, lutut, dan kaki, tidur terlentang sangat dianjurkan.

Selain bermanfaat baik untuk kenyamanan tidur, posisi terlentang ini berguna dalam menghambat pertumbuhan lemak.

Saat terlentang, sistem dalam tubuh akan mengubah semua makanan dan minuman yang Anda konsumsi menjadi energi serta mendorong lemak supaya menghilang.

Jika Anda mengalami masalah pernapasan saat tidur posisi terlentang, sesekali bisa ganti gaya jadi miring ke samping.

3. Miring kiri

Meski posisi ini tak secara langsung membantu membakar lemak perut, namun posisi tidur menghadap kiri merupakan pilihan yang baik untuk pencernaan dan kesehatan usus.

Merujuk Medical News Today, saat tubuh berbaring miring ke kiri, makanan yang sudah dicerna dalam usus kecil terbantu terdorong ke usus besar sehingga merangsang buang air besar di pagi hari.

Adapun cara lain yang disarankan untuk membantu membakar lemak perut:

1. Pastikan mengubah posisi tidur setiap beberapa jam sekali supaya Anda tetap merasa nyaman.
2. Konsumsi makanan atau minuman yang dapat memperlancar pencernaan 3 jam sebelum tidur.
3. Hindari makan berat, minuman terlalu manis, beralkohol, dan merokok sebelum tidur. Kebiasaan ini justru memperburuk metabolisme tubuh.
4. Tidur di kasur yang nyaman dan ruangannya mendukung Anda untuk beristirahat secara maksimal.
5. Cobalah untuk menghindari tidur siang yang terlalu lama. Alihkan dengan kegiatan yang memicu Anda aktif bergerak. Sebab kebanyakan tidur siang akan memperburuk insomnia yang dapat mengganggu metabolisme.
6. Selain memperhatikan posisi tidur membakar lemak, pastikan Anda tetap berolahraga rutin dan batasi asupan kalori per hari supaya tidak berlebih.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.