Hai Sobat Souja, siapa nih disini yang suka berbelanja sayuran di pasar? Berbelanja sayuran di pasar menjadi alternatif yang paling digemari karena disana tersedia

Cara Mudah Memilih Sayuran Segar Agar Manfaatnya Tidak Hilang

  • Senin, 11/10/2021 - 09:37 WIB
Hai Sobat Souja, siapa nih disini yang suka berbelanja sayuran di pasar? Berbelanja sayuran di pasar menjadi alternatif yang paling digemari karena disana tersedia dalam berbagai varian. Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, kebaikan dari sayuran biasanya lebih optimal diperoleh saat sayuran diolah dalam keadaan segar. Untuk itu, penting mengetahui cara memilih sayuran segar yang baik agar kandungan manfaat di dalamnya tidak hilang. Berikut ini terdapat tips cara yang bisa kalian lakukan saat ingin memilih jenis sayuran yang masih dalam kondisi segar, langsung aja kita simak informasinya di bawah ini yuk!
 
sayuran segar
Source: hypemart.co.id
 
1. Perhatikan Warna
Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sayuran segar yaitu warna. Sayuran yang baru saja dipetik memiliki warna yang cerah dan merata tanpa adanya bintik hitam atau jamur. Hal ini dikarenakan bintik-bintik hitam pada sayuran bisa merusak dan menyebabkan pembusukan dengan cepat. Sementara itu, kulit yang sudah keriput atau daun layu menjadi pertanda sayuran sudah tua. Dalam memilih sayuran segar, jangan lupa untuk memeriksa batang sayuran. Pasalnya, sayuran yang baru dipanen memiliki warna sedikit kecokelatan.

2. Cium Bau Sayuran

Selain warna, kalian bisa memilih sayuran yang segar dari baunya. Produk yang segar seharusnya memiliki bau yang segar pula. Menciumi bau dari sayuran juga membantumu dalam mendeteksi jamur atau pembusukan yang tertutup oleh kemasan. Tidak hanya itu, sayuran yang disemprotkan pestisida terkadang bisa dibedakan melalui bau bahan kimia yang dikeluarkan.

3. Raba Teksturnya
Terakhir, tekstur dari sebuah sayuran juga penting untuk diperhatikan. Cara memilih sayuran segar yang baik bisa dilakukan dengan meraba permukaan sayuran untuk merasakan tekstur permukaannya. Setiap sayuran memiliki tekstur yang berbeda-beda tergantung jenis produknya. Bila kalian merasa sayuran terasa lembek, ada kemungkinan sayuran tersebut sudah tidak segar lagi.
 
memilih sayuran segar
Source: tstatic.net
Kebanyakan sayuran segar akan dipanen sebelum mencapai tingkat kematangannya. Hal ini memungkinkan sayuran untuk sepenuhnya matang ketika didistribusikan ke penjual di pasar. Metode ini juga memberikan sayur sedikit waktu untuk mengembangkan kandungan nutrisi di dalamnya, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Bila dibandingkan dengan sayuran beku, jenis sayuran segar ternyata mengandung lebih banyak nutrisi. Pasalnya, kandungan gizi pada produk yang dibekukan bisa rusak ketika disimpan selama lebih dari satu tahun. Semoga informasi di atas dapat membantumu dalam memilih sayuran yang masih fresh ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.