Hai Sobat Souja, buat kalian para penggemar kuliner masakan Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan gurita bukan? Gurita sering kali ditemui
" />

Kenali Manfaat Mengonsumsi Gurita Bagi Kesehatan Tubuhmu

  • Selasa, 12/10/2021 - 09:42 WIB
Hai Sobat Souja, buat kalian para penggemar kuliner masakan Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan gurita bukan? Gurita sering kali ditemui sebagi isian dalam makanan Takoyaki. Takoyaki adalah salah satu kuliner Jepang dengan isian daging gurita yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang khas. Tak hanya enak, gurita juga punya segudang kandungan gizi dan manfaat yang sayang untuk kalian lewatkan. Gurita adalah salah satu hewan laut tak bertulang dengan terumbu karang sebagai habitat utamanya. Berikut ini terdapat beberapa manfaat yang bisa Sobat dapatkan jika mengonsumsi gurita, langsung aja kita simak bersama yuk!
 
makanan gurita
Source: akamaized.net
 
1. Menjaga Kesehatan Jantung
Gurita merupakan sumber asam lemak omega-3 sama dengan sumber boga bahari lainnya. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated) yang memiliki sejumlah manfaat dan sayangnya tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuhmu. Salah satu manfaat asam lemak omega-3 adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Nutrisi ini dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah plak pada pembuluh darah.

2. Mendukung Pertumbuhan & Perkembangan Tubuh
Protein adalah salah satu makronutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Pasalnya, sekitar 20 persen tubuh manusia tersusun dari protein sehingga penting bagi kalian untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari. Dalam 100 gram daging gurita segar mengandung sekitar 14,9 miligram protein. Jumlah ini sudah memenuhi hampir seperempat kebutuhan protein harian orang dewasa, yakni 60 gram pada wanita dan 65 gram pada pria.

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
Kandungan taurin pada gurita telah diteliti memiliki sifat antikanker. Taurin juga bekerja sebagai antioksidan dalam melawan peradangan dalam tubuh dan melindungi sel dari berbagai kerusakan yang terkait dengan kanker.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer
Manfaat kandungan mineral penting pada gurita, seperti magnesium dan fosfor sangat penting untuk sel-sel otak. Kedua mineral ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak, kemampuan memori, perkembangan kognitif, dan proses belajar. Apabila kalian memperoleh cukup asupan mineral penting salah satunya melalui daging gurita, hal ini bisa mengurangi risiko penyakit kognitif degeneratif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer pada orang dewasa dan lansia.

5. Meredakan Migrain
Migrain atau dikenal sebagai sakit kepala sebelah adalah jenis sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan saraf pada otak. Hal ini ditandai dengan serangan sakit kepala yang intens, melemahkan, dan berulang. Kondisi ini bahkan terjadi pada 1 dari 7 orang di dunia, lho. Manfaat gurita lainnya adalah dapat meredakan dan mencegah sakit kepala akibat migrain berkat kandungan magnesium di dalamnya.
 
konsumsi gurita
Source: tstatic.net
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa manfaat yang bisa kalian peroleh jika mengonsumsi daging gurita. Daging gurita memang kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin A dan vitamin B12, serta mineral, seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi. Sumber makanan ini juga tinggi protein, namun rendah lemak sehingga mungkin cocok untuk kalian yang sedang diet. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Sobat Souja di rumah yang ingin mencoba menyantap daging gurita ya!

Sumber artikel: Hellosehat.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.