Yuk, Perhatikan Asupan Vitamin ini Agar Terhindar dari Alzheimer

  • Rabu, 27/10/2021 - 08:02 WIB
Sobat Souja, Alzheimer merupakan penyakit yang ditandai dengan penurunan fungsi otak dan diderita pada rata - rata usia 60-an tahun. Gaya hidup tidak sehat bisa mempercepat penyakit Alzheimer pada seseorang di usia yang lebih muda. Studi terbaru menunjukkan, pola makan kaya akan vitamin B12 berperan penting dalam melawan penyakit Alzheimer pada sebagian orang. Pada studi ini, para peneliti melihat bagaimana cacing kecil yang disebut C. elegans bereaksi terhadap amyloid beta, protein yang terkait gangguan neurologis. Umumnya, ketika cacing C. elegans menderita penyakit Alzheimer, binatang itu akan mengalami kelumpuhan.  


Namun, para peneliti memberikan vitamin B12 pada cacing tersebut, sehingga cara binatang itu bereaksi terhadap protein amyloid beta menjadi berbeda. Setelah cacing diberi vitamin, proses kelumpuhan pada cacing memakan waktu lebih lama. Dari studi itu, terungkap vitamin B12 bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer. Namun, tidak serta merta asupan vitamin B12 saja dapat membuat kita terbebas dari penyakit tersebut, catat peneliti.


Pola makan yang tinggi karbohidrat olahan dan gula mengancam metabolisme, terutama yang berkaitan dengan pengembangan peningkatan kadar gula darah. Hal ini merupakan ancaman bagi kesehatan otak dan secara langsung dikaitkan dengan peningkatan risiko Alzheimer. Jika kita kekurangan vitamin B12, tingkatkan konsumsi makanan yang kaya vitamin tersebut. Jangan lupa mengonsumsi makanan yang kaya akan senyawa anti-inflamasi, termasuk buah-buahan dan sayuran. Terakhir, batasi makanan olahan dan gula. 


Sumber: Kompas.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.