Resep Croffle Empuk Lembut

  • Rabu, 13/10/2021 - 08:37 WIB
Hai, Sobat Souja! Ada banyak sekali makanan kekinian yang bukan hanya enak tapi ternyata juga bisa dibuat sendiri di rumah, salah satunya adalah croffle. Croffle adalah kombinasi dari croissant dan waffle.

Tentunya teksturnya sangat enak dan cocok buat camilan atau bahkan menu sarapan. Seringkali croissant dan waffle terkesan sulit dibuat, tapi ternyata tidak. Ini dia resepnya ala Devina Hermawan.

Bahan:
290 gr tepung terigu protein tinggi
200 ml susu cair hangat
150 gr mentega
6 gr ragi
3 sdm gula pasir
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
1. Campurkan susu dengan gula dan ragi. Aduk rata hingg larut. Diamkan selama 10 menit atau hingga raginya mengembang.
2. Di wadah lain, campurkan tepung terigu dan garam. Tuangkan air ragi yang sudah mengembang ke dalam adonan, uleni hingga tercampur rata dan agak kali, selama 5 menit saja. Bulatkan.
3. Taruh di dalam mangkuk, tutup dengan plastic wrap atau kain bersih. Biarkan adonan mengembang selama sekitar 1 jam.
4. Buka penutup wadah, aduk adonan sebentar. Tabur meja bersih dengan tepung terigu, gilas adonan dan tipiskan. Potong-potong adonan persegi panjang sama besar, oles tipis dengan mentega, lalu tumpuk.
5. Gulung atau lipat adonan yang sudah ditumpuk. Bungkus dengan plastik. Masukkan freezer selama 45 menit.
6. Keluarkan dari freezer dan pipihkan adonan memanjang lalu potong segitiga. Caranya, potong adonan persegi panjang sebesar batu bata lebih dulu, lalu potong serong sehingga terbentuk segitiga.
7. Ambil setiap adonan, belah bagian segitiga yang tidak runcing, lalu digulung. Lakukan hingga adonan habis.
8. Istirahatkan lagi selama 15-20 menit.
9. Panaskan cetakan waffle, oles adonan dengan air dan tabur gula secukupnya. Panggang di dalam cetakan waffle hingga matang.

Tidak sulit, bukan? Coba, yuk, Sobat Souja!

Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.