5 Manfaat Tak Terduga dari Buah Melon!

  • Rabu, 13/10/2021 - 08:38 WIB
Sobat Souja, buah melon adalah salah satu buah yang paling digemari. Selain kelezatan manis rasanya, buah ini juga punya beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.  Menurut Verywell fit, melon juga menyediakan beberapa serat dan beberapa mikronutrien penting yang baik untuk kesehatan, termasuk vitamin C dan potasium. Melon hijau dan kuning hampir sama dalam hal kalori, makronutrien, dan kandungan air. Namun, melon kuning disebut mengandung provitamin A dan vitamin C dua kali lebih tinggi daripada melon hijau sehingga sedikit lebih bernutrisi.


Melansir Kompas.com, berikut ini manfaat lain buah melon yang jarang diketahui. Simak yuk! 


Memelihara Kesehatan Kulit
Manfaat buah melon mungkin termasuk membantu menjaga kesehatan kulit karena kandungan vitamin C yang tinggi. Asupan vitamin C yang cukup sangat penting untuk produksi kolagen, protein struktural utama yang penting untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit. Selain itu, karena vitamin C adalah antioksidan yang kuat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.


Mencegah Dehidrasi
Porsi 177 gram melon mengandung sekitar 159 gram air. Kandungan air dalam melon berjumlah hampir 90 persen dari berat buahnya. Agar bisa mencegah dehidrasi, kita bisa memadukan melon dengan buah potong lainnya atau menyajikannya sebagai minuman.


Memelihara Kesehatan Jantung
Kandungan natrium dan kalium yang rendah dari buah-buahan seperti melon cukup efektif mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu, melon juga merupakan sumber asam folat dan vitamin B lainnya yang membantu mengurangi kadar homosistein, penanda utama peradangan. Itulah mengapa, salah satu manfaat buah melon adalah membantu menurunkan risiko stroke dan meningkatkan kesehatan jantung.


Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat buah melon mungkin juga termasuk membantu menjaga pengelihatan. Melon mengandung dua antioksidan kuat, yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa karotenoid ini dikenal mampu membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah perkembangan kehilangan penglihatan terkait usia. Penelitian menunjukkan bahwa secara teratur mengonsumsi makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin, seperti melon, dapat mendukung fungsi mata yang baik.


Memelihara Tulang
Manfaat buah melon lainnya adalah mengandung nutrisi penting, seperti asam folat, vitamin K, dan magnesium, untuk memperbaiki dan memelihara tulang yang kuat. Menurut Healthline, asam folat sangat penting untuk pemecahan homosistein yang berkaitan dengan penurunan kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu. Selain itu, vitamin K seperti yang terkandung dalam melon terlibat dalam produksi protein struktural utama dalam tulang, yang dikenal sebagai osteocalcin. Oleh karena itu, asupan vitamin K yang cukup sangat penting untuk kesehatan tulang.


Sumber: Kompas.com



About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.