Hai Sobat Souja, tahukah kalian bahwa banyak alasan yang membuat kita jadi mudah lupa, seperti terlalu banyak hal yang dipikirkan, stres, kurang minum air putih dan sebagainya. " />

Tips Mudah Agar Pikiran Seseorang Tidak Cepat Lupa

  • Sabtu, 23/10/2021 - 11:34 WIB
Hai Sobat Souja, tahukah kalian bahwa banyak alasan yang membuat kita jadi mudah lupa, seperti terlalu banyak hal yang dipikirkan, stres, kurang minum air putih dan sebagainya. Meskipun pelupa adalah hal yang normal, tapi jangan disepelekan. Menurunnya daya ingat dapat menyebabkan menurunnya fungsi otak. Hal tersebut memang tidak baik untuk diri sendiri maupun orang lain, karena daya ingat otak harus tetap terjaga. Namun, Sobat tidak perlu khawatir akan ini karena terdapat beberapa cara mudah yang bisa kalian lakukan guna mengatasinya lho. Langsung aja yuk kita simak tipsnya di bawah ini!
 
lupa pikiran
Source: grid.id
 
1. Meditasi
Terkadang, memikirkan banyak hal membuat kita jadi stres hingga sering lupa. Meditasi adalah latihan untuk menangkan diri yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Jika Sobat sering lupa, cobalah tenangkan dirimu dengan melakukan meditasi. Ini akan membantumu mengurangi stres, mengontrol emosi, hingga menajamkan ingatan.

2. Mengubah Pola Makan
Kesehatan usus yang buruk ternyata tak hanya menyebkan masalah kesehatan namun juga peradangan di otak akibat bakteri jahat. Jadi, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan anti-inflamasi, seperti buah, sayuran, prebiotik dan probiotik.

3. Perbaiki Pola Tidur
Kebiasaan tidur yang buruk tidak hanya menyebabkan stres namun juga membuat otak jadi gagal beristirahat dan memulihkan diri. Apalagi jika Sobat sering bergadang, ini akan menyebabkan penumpukan kabut otak yang membuat kamu jadi pelupa.

4. Olahraga
Olahraga membuat darah dan oksigen mengalir ke seluruh tubuh. Sehingga otak juga akan berfungsi dengan baik yang membuat kita tak mudah lupa. Lakukanlah latihan fisik ringan setiap harinya dengan jalan-jalan, jogging, atau pemanasan.

5. Buat Catatan Pengingat
Mencatat apa pun yang kalian lakukan ternyata sangat membantu untuk orang yang mudah lupa. Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan, gunakan buku catatan, kalender, atau alarm ponsel. Jadi, Sobat tak perlu khawatir ada yang hal yang terlewatkan.
 
catatan notes
Source: tstatic.net
Nah, itu dia Sobat Souja sekian cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan kebiasaan pelupa. Ingatan manusia memang tidak sempurna. Ada kalanya kita melupakan hal-hal penting, tapi malah mengingat hal-hal yang tidak penting. Padahal, lupa adalah cara otak kita untuk menghapus memori yang dianggap tidak penting agar otak kita tidak menyimpan terlalu banyak memori. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Sobat Souja yang sering pelupa ya!

Sumber artikel: Fimela.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.