Waspada! 5 Dampak Buruk Menggunakan Kipas Angin Saat Tiidur

  • Minggu, 24/10/2021 - 09:42 WIB
Sobat Souja, kipas angin menjadi salah satu alat elektronik yang paling dicari saat suasana panas terik melanda. Menggunakan kipas angin memang memberikan kenyamanan di saat yang tepat. Namun demikian, meskipun kipas angin itu sendiri bukanlah benda beracun, menggunakannya pada malam hari secara tertentu dapat menyebabkan efek negatif pada tubuh. Apa saja efek tersebut? Simak yuk! 


Kekurangan Oksigen
Meskipun dapat menghalau panas, tidur menggunakan kipas angin tidak baik bagi kesehatan paru-paru Anda. Pasalnya, tidur dalam keadaan kipas angin menyala membuat paru-paru tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Apalagi, udara dingin dari angin yang dihasilkan kipas akan mengenai hidung dan mulut. Hal tersebut akan memperparah kondisi dan menyebabkan Anda kesulitan untuk bernapas.


Mengeringkan Mulut dan Saluran Hidung
Penelitian menunjukkan bahwa membiarkan kipas angin tetap menyala dapat membantu menguapkan keringat dan kelembapan dari tubuh, yang menyebabkan dehidrasi serta mengeringkan mulut dan saluran hidung. Jika kamu tinggal di daerah kering, hal ini memerlukan perhatian khusus, karena konsekuensi ini dapat muncul lebih cepat. Secara umum, bagaimanapun, secangkir air lebih dari cukup untuk memulihkan air yang kamu butuhkan.


Alergi
Jika kamu memiliki alergi, tidur dengan kipas angin menyala bukanlah ide yang baik. Menurut peneliti, angin dapat membantu mengedarkan partikel alergen, meningkatkan kemungkinan asma, mata kering, alergi mata, dan demam. Suhu di malam hari cenderung menurun cepat, sementara paparan dingin adalah salah satu penyebab kram otot, kipas dapat mengekspos kamu untuk lebih berkonsentrasi dan udara dingin konstan, meniup langsung ke arahmu.


Hipertermia
Bahaya lain dari tidur menggunakan kipas angin adalah menyebabkan hipertermia. Kondisi ini terjadi ketika suhu tubuh berada di atas normal (lebih dari 40°C). Dingin yang dihasilkan oleh kipas angin bisa membuat tubuh tidak bisa beradaptasi dengan cuaca ekstrem.


Nyeri Otot
Salah satu bahaya tidur pakai kipas angin adalah timbulnya nyeri pada otot. Sirkulasi udara yang dingin dapat membuat Anda lebih rentan mengalami kontraksi otot. Jika Anda telah memiliki nyeri otot sebelumnya, maka gejala nyeri dan kram otot yang Anda alami akan semakin parah.


Sumber: Klikdokter dan Sonora.id



About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.