Sobat Souja, di zaman yang serba canggih saat ini, banyak orang yang hampir tidak bisa lepas dari ponsel atau gadget mereka. Ketika bangun tidur sampai mau tidur lagi " />

Waspada Resiko Bahaya Saat Tidur Dekat Handphone

  • Selasa, 26/10/2021 - 09:43 WIB
Sobat Souja, di zaman yang serba canggih saat ini, banyak orang yang hampir tidak bisa lepas dari ponsel atau gadget mereka. Ketika bangun tidur sampai mau tidur lagi, pasti tangan dan mata tidak henti-hentinya menatap layar ponsel. Entah hanya untuk iseng-iseng update media sosial, mengirim pesan teks, ataupun mencari informasi di portal berita online. Kini banyak orang yang sudah sangat ketergantungan dengan perangkat elektronik satu ini, sampai-sampai ponsel pun dibawa tidur. Namun, tahukah Sobat bahwa tidur dekat ponsel itu berbahaya? Langsung aja kita simak informasinya di bawah ini yuk!
 
bahaya handphone
Source: orami.co.id
 
1. Mengurangi Kemampuan konsentrasi
Menurut penelitian, ponsel jenis apapun mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu memengaruhi kualitas tidurmu. Efek dari radiasi ponsel yang memengaruhi kualitas tidur ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, di pagi hari mungkin Sobat akan merasa kurang konsentrasi, nyeri, dan fokus.

2. Ponsel Di Bawah Bantal Bisa Menyebabkan Kebakaran
Dalam beberapa kasus memang ada ponsel yang tidak sampai meledak. Tapi bagaimana pun, menaruh ponsel di bawah bantal sambil mengisi daya baterai sangat tidak disarankan. Pasalnya, secara logika ponsel dalam kondisi mengisi daya baterai akan cenderung cepat panas saat ditaruh di tempat yang tertutup seperti bantal, selimut, ataupun bahan tebal lainnya sehingga berisiko memicu kebakaran.

3. Membuat Sulit Tidur
Ponsel, tablet, TV, dan gadget lainnya akan memancarkan cahaya biru. Sebuah penelitian menunjukan bahwa cahaya biru bisa menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur tidur, dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh). Hal ini terjadi karena cahaya biru memancarkan gelombang panjang seperti pada siang hari, sehingga membuat tubuh berpikir jika masih siang sepanjang waktu, padahal nyatanya sudah malam.

4. Gangguan Sel Otak
Menurut World Health Organization (WHO), radiasi ponsel bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, terutama pada anak-anak, yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis daripada orang dewasa, dan lebih rentan terhadap radiasi.
 
handphone tidur
Source: tstatic.net
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa resiko bahaya yang mungkin bisa saja terjadi jika kalian terlalu sering menaruh handphone di kasur saat tidur. Usahakan untuk menyimpan ponsel atau alat elektronik lainnya jauh dari area tidur. Selain itu, selama Sobat Souja tidur, coba ubah mode ponsel menjadi airplane atau baiknya matikan ponselmu saat kalian ingin tidur. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.