Hai Sobat Souja, jika kita mendengar kata cocoa butter pasti yang terlintas di benakmu adalah cokelat, es krim, dan kue lapis yang lezat. Namun, bahan lezat ini
" />

Ketahui Kandungan & Manfaat Cocoa Butter Untuk Kesehatan

  • Selasa, 02/11/2021 - 07:46 WIB
Hai Sobat Souja, jika kita mendengar kata cocoa butter pasti yang terlintas di benakmu adalah cokelat, es krim, dan kue lapis yang lezat. Namun, bahan lezat ini sering dijadikan sebagai komponen utama dalam krim kulit atau produk skincare lainnya lho. Cocoa butter atau lemak kakao adalah jenis lemak yang berasal dari biji kakao atau cokelat. Bahan ini biasanya tersedia dalam bentuk minyak. Pengolahan biji kakao menjadi cocoa butter perlu melalui proses penggilingan biji kakao. Setelah itu, biji kakao dipanaskan agar lemak dapat dipisahkan dari padatan kakao. Berdasarkan kandungan gizinya, cocoa butter mengandung minyak yang cukup tinggi yang didominasi oleh lemak jenuh, sama seperti minyak kelapa. Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari hasil kandungan yang ada pada cocoa butter jika Sobat menggunakannya!
 
cocoa butter
Source: shopify.com
 
1. Melembapkan Kulit
Bahan untuk krim kecantikan ini mengandung asam lemak yang tinggi. Kandungan asam lemak pada cocoa butter dipercaya dapat melembapkan dan memberi nutrisi pada kulit. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih kenyal. Terlebih lagi, kandungan vitamin A, C, dan E di dalamnya bertugas menjaga kelembapan yang dibutuhkan saat kulit kering meskipun hanya sedikit.

2. Mencegah Bibir Pecah-Pecah
Selain melembapkan kulit, manfaat lain dari cocoa butter yang sayang dilewatkan yaitu mencegah bibir pecah-pecah. Ini dikarenakan cocoa butter dianggap sebagai emolien. Emolien merupakan istilah untuk zat yang dapat menambahkan lapisan pelindung pada kulit dan bibir. Artinya, Sobat bisa menggunakan cocoa butter untuk mencegah efek suhu dingin atau paparan sinar matahari yang membuat bibir kering.

3. Memperlambat Penuaan Kulit
Berkat kandungan polifenol di dalamnya, cocoa butter dianggap dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Polifenol merupakan jenis antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan, baik saat dimakan maupun ketika dioleskan pada kulit. Namun, Sobat tetap perlu waspada karena ada beberapa cocoa butter yang dapat memicu iritasi dan masalah kulit lainnya.

4. Meredakan Gejala Masalah Kulit
Bagi Sobat yang punya masalah kulit seperti dermatitis atau ruam, cocoa butter ternyata punya kegunaan untuk meredakan gejala yang dialami. Pada dasarnya, kandungan fitokimia pada kakao bisa membantu menenangkan kulit sensitif. Kandungan senyawa ini juga menjaga kekenyalan kulit, menjaga produksi kolagen, serta keseimbangan cairan kulit.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
Cocoa butter tidak hanya menawarkan banyak manfaat bagi kulit, tetapi juga untuk kesehatan jantung. Manfaat tersebut diduga berasal dari senyawa polifenol di dalamnya berpotensi membantu menurunkan penanda inflamasi yang terlibat dalam aterosklerosis. Tidak heran bila kini kakao dianggap sebagai makanan anti-inflamasi. Kakao juga tampaknya membantu metabolisme lipid (lemak) yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung.
 
manfaat cocoa
Source: cloudfront.net
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa efek manfaat yang bisa diperoleh jika kita menggunakan kandungan dari cocoa butter. Manfaat yang ditawarkan cocoa butter memang banyak, terlebih banyak orang yang menggunakannya karena cenderung aman. Normalnya, lemak kakao murni tidak mengandung bahan apa pun yang bisa memicu masalah serius. Sobat bisa mengonsumsi cocoa butter, tetapi tidak untuk produk cocoa butter yang dirancang untuk kulit. Penting untuk diingat bahwa Sobat Souja perlu membatasi konsumsinya karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi ya!

Sumber artikel: Hellosehat.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.