Cara Membersihkan Tas Kulit yang Berjamur

  • Rabu, 03/11/2021 - 05:26 WIB
Hai, Sobat Souja! Jamur biasanya kerap muncul pada tas berbahan kulit, baik itu kulit sintetis atau kulit asli. Jamur akan muncul karena perawatan yang kurang tepat.

Cara membersihkan tas yang berjamur cukup mudah. Rawat tas dengan cara yang tepat dan simpan di tempat yang benar.

Sebelum dibersihkan, perlu diketahui terlebih dulu beberapa penyebab yang umumnya memicu pertumbuhan jamur pada tas kulit.

1. Disimpan di tempat lembap

Tas kulit yang disimpan pada tempat lembap akan lebih mudah berjamur. Terlebih, jika Anda pernah membersihkannya dengan tisu basah tanpa dikeringkan terlebih dulu.

Kondisi lembap memudahkan jamur untuk tumbuh dan berkembang biak. Jika tak segera diatasi, maka jamur dapat merusak material tas kulit.

2. Terkena noda makanan atau minuman

Noda makanan dan minuman yang tertinggal di tas dan tak segera dibersihkan juga bisa menjadi biang jamur. Apalagi jika tas tersebut ditaruh di sembarang tempat.

Sisa makanan tersebut nantinya bisa menjadi noda yang sulit hilang serta meninggalkan aroma tak sedap pada tas.

3. Tas tidak dibersihkan sebelum disimpan

Perlu diketahui bahwa tas kulit yang selesai digunakan harus dibersihkan terlebih dulu sebelum disimpan. Anda juga harus memastikan tas dalam kondisi kering.

Pastikan tidak ada sisa noda tertinggal atau lembap. Kondisi tersebut dapat merusak material tas kulit serta menyebabkan timbulnya jamur bercak putih.

Ada beberapa cara membersihkan tas yang berjamur, mulai dari menggunakan bahan rumahan supaya bisa dibersihkan sendiri, atau mempercayakan ke tempat khusus seperti salon tas.

1. Minyak esensial

Cara pertama bisa gunakan minyak esensial tea tree atau baby oil untuk menghilangkan jamur pada tas kulit dan mengembalikan warnanya yang kusam.

Cukup tuangkan beberapa tetes minyak esensial menggunakan kain lembut atau kapas. Kemudian, usap perlahan pada bagian jamur sampai tas benar-benar bersih.

Lalu, biarkan kering di tempat terbuka sebelum kembali ditaruh ke tempat semula.

2. Perasan air lemon

Jamur yang membandel dan meninggalkan noda di tas karena terlalu lama dibiarkan bisa diatasi dengan perasan air lemon atau cuka bening.

Caranya, siapkan air perasan lemon di wadah. Gunakan sikat berbulu lembut atau kain microfiber untuk membersihkan jamur pada tas.

Lakukan berulang apabila jamur di tas tersebut membekas. Setelahnya, lap dengan kain lembut kering dan biarkan dulu supaya tidak lembap, baru disimpan.

3. Laundry atau spa tas

Apabila ingin hasil yang lebih praktis untuk membasmi jamur-jamur, tinggal serahkan tas Anda ke tempat laundry khusus tas atau salon spa tas.

Nantinya, salon akan menggunakan metode perawatan dengan cairan khusus untuk menghilangkan jamur.

Biasanya setiap salon tas juga menambahkan lotion atau gel pelindung yang memang dikhususkan untuk tas kulit supaya tidak mudah berjamur.

Selain ketiga cara membersihkan tas yang berjamur seperti di atas, penting untuk selalu menyimpan tas kulit Anda di tempat kering dan gunakan beberapa buah silica gel di dalamnya.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.