Cara Maudy Ayunda Kelola Stres, Bisa Dicoba...

  • Senin, 08/11/2021 - 09:25 WIB
Hai, Sobat Souja! Terlepas dari status atau profesi, semua manusia yang hidup di dunia pasti pernah mengalami stres. 

Memang, stres tak selamanya buruk. Bahkan, dalam beberapa kasus, stres malah memberikan dampak positif. 

Kendati demikian, stres yang berlarut-larut bisa berdampak negatif jika dibiarkan tanpa penanganan. 

Untuk itu, diperlukan manajemen stres agar kita bisa kembali bahagia. Caranya? Tentu bergantung dari pribadi masing-masing. 

Nah, aktris dan penyanyi seperti Maudy Ayunda pun mempunyai caranya sendiri yang ampuh untuk melepas stres, khususnya saat berada jauh dari keluarga. 

“Journaling. Lalu, kalau ditanya soal jauh dari keluarga, soal problem solving, aku di sana masih ada teman-teman aku, jadi masalah stres masih bisa terkontrol dan aman-aman saja.” 

Demikian pengakuan Maudy dalam webinar Beauty Beyond Skin Deep oleh Aeris x Maudy Ayunda pada Kamis (4/11/2011). 

Ya, selain berbagi kisah pada teman-temannya, Maudy memang memilih menulis jurnal sebagai salah satu caranya melepas stresnya. 

Menurut dia, menulis jurnal memberi beberapa manfaat yang membuatnya merasa nyaman, seperti menyadari apa saja yang ada di pikirannya selama ini. 

“Journaling itu membuat aku menyadari apa yang sebelumnya nggak aku sadari. Jadi setelah dituliskan dalam jurnal, terkadang aku merasa lega,” ujar dia.

Tak hanya itu, Maudy juga mengaku  memiliki satu solusi lain untuk menyelesaikan masalahnya saat stres melanda, yaitu mendekatkan diri dengan alam. 

“Outside of journaling, what I did was…aku mendekatkan diri ke alam, traveling." 

"Mungkin agak aneh ya, tapi di masa pandemi ini, itu membuat aku merasa bahagia dan bisa kembali lagi ke diri aku semula." 

"Intinya, aku melakukan apa yang membuat aku bahagia,” ujar Maudy. 

Mungkin, tips Maudy ini bisa kita tiru ya?

Sumber: Kompas.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.