Ketahui Suhu Kulkas yang Ideal untuk Menjaga Makanan Tetap Awet

  • Selasa, 09/11/2021 - 08:56 WIB
Hai, Sobat Souja! Mengatur suhu kulkas dengan tepat sangat berperan penting dalam menjaga makanan tetap segar, lebih tahan lama, dan membantu mencegah bakteri berkembang biak. 

Jika kita menemukan beberapa produk makanan seperti keju, es krim, sup mulai berbau tidak sedap atau sayuran mulai layu, mungkin kita perlu memeriksa kembali berapa suhu kulkas yang telah dipasang. 

Jadi, berapa sebenarnya suhu teraman kulkas yang perlu kita atur untuk menjaga agar makanan, serta bahan-bahan lainnya tetap awet dan berada dalam kondisi yang baik? 

Nah, melansir dari laman Reader's Digest (RD), suhu kulkas yang ideal adalah pada atau di bawah 4 derajat celcius dan suhu freezer harus minus 18 derajat celcius. 

Sayangnya, kebanyakan kulkas dan freezer tidak dilengkapi dengan termometer bawaan, sehingga kita harus membeli termometer kulkas secara terpisah. 

Dengan menemukan suhu kulkas yang optimal, kita dapat memastikan bahwa produk dan sisa makanan bertahan selama mungkin. 

Hal ini juga menjadi salah satu cara termudah untuk mencegah penyakit bawaan makanan dari produk-produk hewani seperti daging, susu, atau telur. 

Food and Drug Administration (FDA) pun mencatat, proses pembekuan makanan di dalam freezer, terutama pada daging, dapat memengaruhi kelembutan, rasa, aroma, sari-sari atau juiciness, dan warnanya. 

"Apabila kita khawatir sisa makanan seperti daging rusak jika menyimpannya terlalu lama, kita bisa menambahkannya ke dalam sup sederhana atau dikombinasikan dengan makanan lainnya," terang editor makanan di RD, Peggy Woodward. 

Penyebab kulkas terlalu dingin 

Sering kali, saat membuka kulkas kita menemukan banyak makanan sudah membeku dan banyak bunga es yang membutuhkan waktu lama untuk membersihkannya.

Hal ini biasanya terjadi karena kita tidak mengatur suhu kulkas dan freezer dengan benar atau semua suhunya diatur terlalu dingin. 

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab kulkas kita menjadi terlalu dingin. 

• Pengaturan suhu 

Periksa pengaturan suhu di kulkas kita. Suhu kulkas harus diatur antara 2 derajat celcius dan 4 derajat celcius untuk menjaga makanan tetap segar dan dingin tetapi tidak beku. 

Beberapa merek kulkas biasanya memiliki suhu terdingin yakni 5 derajat celcius. Tetapi, jika kita tidak makanan kita membeku, coba turunkan suhu 4 derajat celcius saja sebagai yang paling ideal. 

• Penempatan makanan 

Kulkas membutuhkan sirkulasi udara yang cukup untuk mempertahankan suhu yang tepat. 

Pastikan kulkas kita tidak kelebihan beban dan makanan tidak menghalangi ventilasi udara. 

Di sisi lain, kulkas yang kekurangan stok juga bisa menjadi masalah. Tanpa cukup barang di dalam kulkas, udara dingin mengendap di bagian bawah kulkas dan mungkin membekukan makanan. 

• Kebocoran di segel pintu

Jika kulkas mengeluarkan udara dingin karena segel pintu yang rusak, kulkas akan terus bekerja untuk menjaga suhu pada tingkat yang tepat. 

Namun, ini akan membuat kulkas bekerja terlalu keras, sehingga bisa menyebabkan pembekuan atau lebih buruk lagi, mesin kulkas akan mati. 

Jadi, kita perlu memeriksa segel pintu kulkas secara rutin, terlebih jika makanan kita mulai tidak bisa bertahan lama di dalam kulkas. 

Tips yang bisa dicoba 

Memantau termometer kulkas secara teratur adalah cara terbaik untuk memastikan makanan kita aman. 

Tetapi, untuk berjaga-jaga jika lemari es atau freezer menjadi terlalu hangat atau dingin, ada beberapa cara untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. 

• Tutup pintu kulkas 

Biarkan pintu kulkas terbuka hanya saat benar-benar diperlukan saja. 

• Jangan ditumpuk makanan 

Jangan menumpuk makanan dan bahan-bahan lainnya di dalam kulkas agar udara dapat mengalir dengan baik melalui kulkas dan freezer. Sebab, kulkas yang terisi penuh cenderung akan lebih hangat daripada yang kurang terisi. 

• Bersihkan kumparan kondensor 

Seperti peralatan lainnya, kulkas kita mungkin memerlukan sedikit pembersihan dari waktu ke waktu. 

Jadi, pastikan untuk membersihkan kumparan kondensor setidaknya setahun sekali untuk menghindari kerusakan pada suhu kulkas.

Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.