Empat Ciri Orang yang Sehat Mental

  • Rabu, 10/11/2021 - 07:35 WIB
Hai, Sobat Souja! Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Indria Laksmi Gamayanti memaparkan empat ciri seseorang memiliki mental yang sehat. Hal ini mengacu pada dasar-dasar yang ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pertama, seseorang itu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Gamayanti menjelaskan ketika seseorang sudah tahu apa kelebihannya, mereka akan bersedia untuk mengembangkan potensi tersebut.

"Lalu mengatasi kekurangan mereka," kata Gamayanti dalam Peluncuran dan Bincang Buku Indonesia Mental Health First Aid Booklet, Sabtu (6/11).

Kedua, mampu mengatasi tekanan hidup. Seseorang yang memiliki kesehatan mental akan berusaha untuk menangani masalah yang datang dalam hidup mereka.

"Hidup ini kan tidak lurus seperti jalan tol, pernah tersandung juga entah batu, kebentur. Tapi bagaimana orang-orang ini berusaha dan akhirnya bisa mengatasi tekanan hidup," ucap Gamayanti.

Ketiga, mampu bekerja secara produktif. Gamayanti menyatakan produktif ini harus dilihat dalam arti luas.

"Artinya kadang berpikir produktif itu hasilkan uang banyak, padahal bukan itu. Produktif itu kalau bisa masak untuk anak, itu produktif, mampu lakukan hal-hal kecil, memberikan kesenangan untuk orang lain," papar Gamayanti.

Keempat, mampu berkontribusi di masyarakat. Hal ini berarti seseorang bermental sehat mampu bersosialisasi dan memberikan perhatian kepada teman atau lingkungan mereka.

"Mampu berkontribusi kepada kelompoknya, berikan perhatian ke teman, ini berkontribusi kepada kelompok," pungkas Gamayanti.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.