5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Pria

  • Senin, 22/11/2021 - 09:28 WIB
Hai, Sobat Souja! Jahe dikenal akan segudang manfaat yang dimiliki. Jahe juga secara khusus memberikan khasiat kesehatan untuk pria.

Ada beberapa manfaat jahe untuk kesehatan pria. Sejumlah senyawa yang ditemukan dalam jahe membantu pria menjaga kesehatannya.

Jahe merupakan salah satu rempah yang telah digunakan masyarakat sejak lama, baik sebagai bumbu dapur ataupun untuk pengobatan.

Sejumlah bukti literatur kuno dari Yunani hingga China menggambarkan jahe sebagai obat. Jahe begitu populer digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah perut. Ada banyak penelitian yang telah membuktikannya.

Nutrisi Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah kaya nutrisi. Mengutip Everyday Health, 1 sdm jahe segar memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

- 4,8 kalori
- 1,07 gram karbohidrat
- 12 gram serat
- 11 gram protein
- 0,5 gram lemak

Beberapa vitamin dan mineral bermanfaat yang ada di dalam jahe di antaranya:

- vitamin B3 dan B6
- zat besi
- kalium
- vitamin C
- magnesium
- fosfor
- zync
- folat
- riboflavin
- niasin

Beberapa senyawa di atas bersifat antioksidan, yang dapat membantu tubuh melawan paparan radikal bebas dan mencegah datangnya penyakit kronis.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Pria

Khasiat jahe untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi. Berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan pria, mengutip berbagai sumber.

1. Mencegah kanker prostat

Risiko kanker prostat akan meningkat seiring bertambahnya usia. Kanker prostat sendiri merupakan kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat dan kerap ditandai dengan gangguan buang air kecil.

Mengutip Med Health, sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa ekstrak jahe ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker prostat. Konsumsi 100 miligram ekstrak jahe utuh per kilogram berat badan setiap hari dapat menghambat sel kanker hingga 56 persen.

Tak ada kerusakan yang ditimbulkan jahe pada sel normal. Jahe juga dapat membantu meringankan mual yang disebabkan oleh pengobatan kanker.

2. Meningkatkan kesuburan pria

Jahe kaya akan nutrisi penting yang mampu menjaga jumlah sperma dan gairah seks pada pria. Senyawa pada jahe dapat membantu meningkatkan produksi testosteron.

Sebuah penelitian awal menemukan, jahe mampu menurunkan masalah tertentu yang bisa menyebabkan infertilitas pada pria.

3. Mengatasi disfungsi ereksi

Dalam banyak budaya, jahe dianggap sebagai salah satu makanan yang bersifat afrosidiak. Nama terakhir merupakan kelompok makanan yang dapat meningkatkan kesehatan seksual.

Senyawa gingerol fitonutrien yang ada pada jahe membantu melebarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang kurang baik menjadi salah satu penghambat ereksi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian utama pada pria. Jahe merupakan sumber yang kaya akan mineral dan vitamin, seperti vitamin B6; magnesium; dan potasium, yang memberikan perlindungan terhadap kesehatan kardiovaskular.

Vitamin dan mineral di atas dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan mengurangi tekanan darah dan mencegah penyumbatan arteri.

Namun, perlu dicatat juga bahwa kondisi jantung tertentu dapat kian memburuk oleh asupan jahe dosis tinggi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah pada jantung, maka konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi jahe.

5. Mengatasi ejakulasi dini

Mengutip laman dr Health Benefits, jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi ejakulasi dini.

Senyawa ariginine yang ditemukan dalam jahe dikenal sebagai salah satu solusi alami untuk ejakulasi dini. Ariginine bekerja dengan meningkatkan kinerja seksual pada pria.

Demikian nutrisi dan manfaat jahe untuk kesehatan pria. Lakukan konsultasi dengan dokter agar konsumsi jahe lebih aman

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.