Sobat Souja, tahukah kalian bahwa tanaman lidah buaya yang sering kita temui lingkungan sekitar punya segudang manfaat lho. Kebanyakan orang memanfaatkannya " />

Ketahui Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Sakit Gigi

  • Rabu, 10/11/2021 - 07:35 WIB
Sobat Souja, tahukah kalian bahwa tanaman lidah buaya yang sering kita temui lingkungan sekitar punya segudang manfaat lho. Kebanyakan orang memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, tanaman lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi dan masalah gusi. Sakit gigi menjadi keluhan umum bagi banyak orang. Gejalanya bisa membuat seseorang sulit makan, berbicara, dan kadang membuat suasana hati menjadi buruk. Pengobatan sakit gigi ini beragam, tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Salah satu cara pengobatan alternatif yang bisa dilakukan ada dengan memanfaatkan khasiat dari tanaman lidah buaya. Nah, untuk tahu lebih dalam mengenai manfaatnya, simak ulasan berikut ini yuk!
 
sakit gigi lidah buaya
Source: tstatic.net
 
1. Bersifat Antibakteri
Sakit gigi sering kali disebabkan oleh gigi berlubang akibat infeksi bakteri. Berdasarkan riset, gel lidah buaya efektif dalam mengendalikan bakteri penyebab gigi berlubang, dibandingkan pasta gigi di pasaran. Manfaat ini didapat dari senyawa antrakuinon yang bersifat antiradang dan mampu membunuh mikroorganisme berbahaya di gigi. Di samping itu, gel lidah buaya tidak mengandung bahan abrasif sehingga tidak terlalu keras pada gigi dan menjadi pilihan baik untuk orang dengan gigi sensitif.

2. Obat Periodontitis
Nyeri pada gigi bisa disebabkan oleh gusi yang bermasalah. Salah satu contohnya adalah periodontitis,  yakni infeksi gusi yang merusak jaringan lunak. Tanpa perawatan, infeksi ini menghancurkan tulang yang menompang gigi. Akibatnya, gigi akan goyang dan mudah copot. Studi menunjukkan penggunaan gel lidah buaya bisa untuk mengobati sakit gigi ini karena membantu proses pemulihan gigi lebih cepat.

3. Gingivitis
Selain periodontitis, sakit gigi juga bisa disebabkan oleh gingivitis  yaitu bentuk ringan dari iritasi pada gingiva (bagian gusi di sekitar pangkal lidah). Penyakit gigi merupakan awal dari periodontitis yang tidak diobati dengan baik. Gingivitis biasanya terjadi akibat plak pada gigi. Berdasarkan studi, gel lidah buaya bisa digunakan membantu penyembuhan gingivitis karena plak. Penggunaan obat kumur yang mengandung lidah buaya bisa mengurangi peradangan dan penyembuhan luka karena mengandung zat mannose-6 phosphate. Adanya senyawa ini membuat proses penyembuhan gigi dan gusi dari penyakit jadi lebih cepat.
 
pembersih mulut lidah buaya
Source: oneklinik.com
Nah, itu dia khasiat manfaat yang bisa Sobat Souja peroleh dari tanaman lidah buaya untuk mengatasi penyakit sakit gigi. Caranya cukup mudah sebenarnya, kalian bisa memilih pasta gigi yang mengandung lidah buaya atau bisa juga dengan berkumur langsung menggunakan gel lidah buaya yang diolah sendiri. Meskipun manfaatnya sangat melimpah, perlu ditekankan bahwa penggunaan lidah buaya sebaiknya tidak dijadikan pengobatan utama ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com

 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.