Nutrisi dan Manfaat Alpukat untuk Diet

  • Minggu, 21/11/2021 - 11:37 WIB
Hai, Sobat Souja! Alpukat termasuk salah satu buah yang kaya manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan tubuh sampai mendukung penurunan berat badan.

Manfaat alpukat untuk diet bukan tanpa sebab. Alpukat dikenal sebagai sumber lemak sehat atau asam oleat yaitu asam lemak tidak jenuh tunggal yang menjadi komponen utama dalam minyak zaitun.

Oleh karena itu, buah alpukat sangat populer direkomendasikan untuk masuk ke daftar menu makanan diet sehat.

Nutrisi Alpukat

Buah alpukat juga dikenal sebagai superfood ini memiliki kandungan gizi yang cukup melimpah, di antaranya 20 vitamin dan mineral yang berbeda.

Dilansir dari Healthline, berikut rincian nutrisi paling mendominasi dari alpukat dengan ukuran sekitar 100 gram.

26 persen vitamin K
20 persen folat
17 persen vitamin C
14 persen kalium
14 persen vitamin B5
13 persen vitamin B6
10 persen vitamin E

Dalam setiap alpukat terdapat sejumlah kecil magnesium, mangan, tembaga, besi, seng, fosfor dan vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B3 (niacin).

Selain itu, jumlah kalorinya 160 kkal, 2 gram protein, 15 gram lemak sehat, 9 gram karbohidrat dan 7 lainnya adalah serat, serta tidak mengandung natrium rendah kolesterol, maupun lemak jenuh.

Manfaat Alpukat untuk Diet

Alpukat sering dimasukkan ke dalam daftar menu diet sehat asalkan dikombinasikan dengan makanan sehat pula. Berikut manfaat mengonsumsi buah alpukat yang bisa Anda dapatkan.

1. Kaya akan serat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang relatif tinggi dalam alpukat. Asupan serat yang cukup saat diet tentunya memberi efek kenyang lebih lama.

Daging alpukat terdiri atas serat larut yang bisa mengurangi lonjakan kadar gula darah, sekaligus menjaga kesehatan pencernaan.

2. Mengurangi kadar kolesterol

Mengonsumsi alpukat dengan porsi cukup setiap harinya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, yaitu sumber utama penyakit jantung.

Di samping itu, lemak baik dalam alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik tanpa meningkatkan kadar LDL dalam tubuh. Jika Anda mengalami kolesterol tinggi, masukkan alpukat ke dalam menu diet.

3. Menurunkan berat badan

Manfaat alpukat untuk diet tentunya dapat menurunkan berat badan sekaligus menekan rasa lapar sehingga terhindar dari makan berlebih.

Menurut hasil penelitian, mengonsumsi alpukat setiap hari mampu mengurangi jumlah kalori harian supaya tidak melonjak.

4. Meningkatkan nilai gizi makanan

Kandungan lemak sehat dalam alpukat dapat meningkatkan nilai gizi pada suatu makanan karena berperan menyerap nutrisi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan alpukat atau minyak alpukat dengan campuran sayur, berpotensi menambah jumlah antioksidan yang Anda konsumsi.

5. Menyehatkan jantung

Alpukat sarat akan lemak tak jenuh tunggal yang berperan menjaga kesehatan jantung, bahkan asam oleat di dalamnya efektif kurangi peradangan.

Tak hanya itu, asam oleat dalam alpukat terbukti memiliki efek menguntungkan khususnya pada gen yang terkait dengan kanker.

Hasil survei NHANES di Amerika Serikat menyatakan bahwa seseorang yang gemar mengonsumsi alpukat berpotensi menjadi lebih sehat karena asupan nutrisinya jauh lebih tinggi.

Manfaat alpukat untuk diet memang terbukti ada, tapi mengonsumsinya tetap harus dalam batas wajar. Idealnya makan satu buah alpukat per hari per orang.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.