Tips Rawat Kulit di Musim Hujan Agar Tak Jamuran

  • Kamis, 18/11/2021 - 07:23 WIB
Hai, Sobat Souja! Indonesia telah memasuki musim penghujan, cuaca yang semula panas kini berubah menjadi lembap dan cenderung dingin.

Perubahan cuaca ini juga berpengaruh pada suhu dan udara yang bisa memengaruhi kondisi kulit.

Dermatologis sekaligus peneliti Arini Widodo mengatakan, di musim hujan tingkat kelembapan berubah menjadi lebih tinggi, ini berarti konten air di udara juga lebih banyak. Apabila konten air di udara tinggi, penguapan air dari kulit ke udara juga lebih lambat, sehingga kulit terasa basah dan lengket di musim hujan yang cenderung dingin.

"Secara umum, kelembaban tinggi memang lebih menguntungkan untuk kulit. Karena kelembapan yang tinggi lebih baik untuk hidrasi kulit, mencegah penuaan, barier kulit hingga proses regenerasi kulit," kata Arini menjawab pertanyaan media melalui email setelah kegiatan virtual media gathering yang digelar Face Republic, Rabu (3/11).

Meski demikian, diakui Arini, kondisi lembap berlebihan dan suhu panas bisa memunculkan masalah kulit. Salah satunya jamur dan biang keringat yang mudah muncul karena cuaca lembap. Mold atau jamur menyukai lingkungan lembap. Orang yang memiliki alergi terhadap jamur dapat kambuh bila berada di tengah lingkungan lembap dan banyak jamur.

"Manifestasi kekambuhan alerginya bisa bermacam-macam, entah alergi pada kulit, bersin-bersin, asma, atau hal lainnya," kata dia.

Arini membagikan tips merawat kulit di musim hujan agar tak terkena jamur dan masalah kulit lainnya akibat udara lembap di musim hujan:

1. Rutin membersihkan wajah

Mencuci wajah sekali di pagi hari dan sekali di malam hari, serta setelah berkeringat sangat penting dilakukan. Keringat, terutama saat mengenakan topi atau helm dapat mengiritasi kulit.

"Cuci kulit wajah Anda sesegera mungkin setelah berkeringat," kata dia.

2. Gunakan pelembap ringan

Gunakan produk pelembap yang memiliki kandungan ringan, berbahan dasar air, atau berbentuk gel yang bisa menyerap ke dalam kulit dengan cepat dan meninggalkan sedikit residu pada kulit.

"Ini juga bisa menghindari kulit wajah terlihat terlalu berminyak," kata dia.

3. Jangan memegang wajah

Menjauhkan tangan dari wajah sangat penting dilakukan. Di iklim lembab Anda sering berkeringat di wajah, jangan tambahkan bakteri dari tangan Anda.

Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.