5 Manfaat Menakjubkan Buah Naga untuk Diet

  • Sabtu, 20/11/2021 - 10:03 WIB
Hai, Sobat Souja! Buah naga yang berasal dari keluarga kaktus ini dikenal sebagai salah satu buah kaya nutrisi, serat, dan beragam antioksidan sehingga baik untuk kesehatan, terutama untuk diet.

Manfaat buah naga untuk diet jika dikonsumsi tentu dapat membantu mengontrol berat badan sekaligus melindungi tubuh dari risiko penyakit berbahaya seperti diabetes dan jantung.

Menurut penuturan seorang ahli diet Mira Ilic melalui laman Cleveland Clinic, buah naga sangat bagus dikonsumsi bagi yang menjalani diet vegetarian.

Nutrisi Buah Naga

Dilansir WebMd, buah naga termasuk buah-buahan dengan kalori relatif rendah dan memuat beragam nutrisi penting, di antaranya sebagai berikut.

102 kalori
0 gram lemak
2 gram protein
22 gram karbohidrat
5 gram serat
13 gram gula
100 IU vitamin A
4 miligram vitamin C
31 miligram kalsium
0,1 miligram zat besi
68 miligram magnesium
Lihat Juga :
5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Jarang Diketahui

Manfaat Buah Naga untuk Diet

Selain kaya akan nutrisi dan mineral penting, berikut deretan manfaat buah naga untuk diet seperti merujuk laman Healthline.

1. Tinggi serat

Buah naga mengandung tinggi serat yang baik untuk saluran pencernaan agar tetap sehat.

Total serat harian yang dibutuhkan wanita 25 gram per hari, sedangkan pria 38 gram per hari. Serat tersebut dapat diperoleh dari sumber makanan seperti buah naga dan sayuran hijau.

Selain itu, buah naga secara alami memang bebas lemak dan tinggi serat, sehingga cocok dijadikan camilan sehat karena membantu Anda kenyang lebih lama di antara waktu makan.

2. Rendah kalori

Per 100 gram buah naga hanya memiliki 60 kalori dan jumlah tersebut relatif rendah, di mana kalori tersebut berasal dari karbohidrat.

Selain rendah kalori, buah naga termasuk tinggi kandungan air yang bermanfaat bagi hidrasi serta melancarkan pencernaan.

3. Tinggi zat besi

Zat besi dalam buah naga berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini tentunya bermanfaat besar untuk memecah makanan menjadi sumber energi.

Satu porsi buah naga mampu menyumbang 8 persen zat besi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selebihnya bisa diperoleh dari daging, ikan atau kacang-kacangan.

4. Tinggi prebiotik

Sekitar 400 spesies bakteri ada dalam setiap usus manusia. Menurut penelitian, mikroorganisme tersebut dapat mempengaruhi kondisi kesehatan.

Tingginya prebiotik dalam buah naga sangat berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus supaya mencegah infeksi saluran pencernaan, konstipasi dan diare.

5. Kaya antioksidan

Dalam setiap buah naga terdapat kandungan antioksidan tinggi seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin, sebagai zat alami yang melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Vitamin C dan karotenoid buah naga juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah infeksi sel darah putih dari kerusakan.

Supaya manfaat buah naga untuk diet lebih efektif, disarankan mengonsumsinya dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

Untuk dewasa kategori yang sedang menjalani diet atau tidak, konsumsi buah naga per orang per hari idealnya 25 gram.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.