6 Makanan Terlarang Saat Kena Flu

  • Jumat, 19/11/2021 - 11:41 WIB
Hai, Sobat Souja! Memasuki akhir tahun, cuaca kian tak menentu, dari yang semula panas terik bisa tiba-tiba hujan lebat di sore hari.

Cuaca tak menentu ini bisa membuat Anda mudah terserang flu, apalagi untuk mereka yang memang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Saat flu atau pilek menyerang, banyak cara yang bisa dilakukan untuk 'mengusir' penyakit tersebut dari tubuh.

Selain beristirahat dan banyak minum air putih, beberapa makanan dipercaya bisa mempercepat Anda pulih dari flu dan pilek, misalnya sup ayam dan buah-buahan yang mengandung vitamin C, bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebaliknya, ada juga makanan yang justru bisa memperparah kondisi Anda saat terkena flu dan pilek. Berikut beberapa makanan yang dipercaya bisa memperburuk flu dan pilek Anda.

1. Alkohol

Alkohol bukanlah minuman yang baik dikonsumsi saat tubuh terserang flu dan pilek. Ginger Hultin, ahli diet terdaftar yang berbasis di Seattle dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, memperingatkan agar memeriksa obat-obatan berkaitan dengan interaksi alkohol atau kafein. Pastikan untuk membaca label pada obat Anda, karena mungkin ada beberapa bahan yang menyebabkan reaksi negatif jika dicampur dengan alkohol.

2. Makanan Pedas

Hindari makanan pedas saat tenggorokan terasa sakit di tengah flu dan pilek yang menyerang. Melansir Eat Well, Makanan pedas bisa mengiritasi jaringan tenggorokan dan membuatnya sulit ditelan. Sebagai gantinya, Hultin merekomendasikan makanan apa pun yang dingin dan mudah ditelan, seperti smoothie, yogurt, atau es loli buatan sendiri.

3. Kafein

Kafein adalah stimulan lain yang harus dihindari. Kafein dapat menimbulkan reaksi negatif dengan obat flu dan pilek. Minuman berkafein seringkali mengandung gula dalam jumlah tinggi. Saat terkena flu, sebaiknya Anda menghindari konsumsi gula berlebihan.

4. Makanan Peradangan

Menghindari makanan seperti karbohidrat olahan dan daging olahan akan membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan. Bahkan ketika Anda tidak sakit, menghilangkan makanan penyebab peradangan dan meningkatkan makanan yang melawan peradangan akan membuat tubuh berada dalam kondisi prima untuk menangkal penyakit.

5. Permen bebas gula

Meskipun tak mengandung gula, Anda tetap disarankan tidak mengonsumsinya saat terkena flu dan pilek. Melansir dari The Healthy, permen atau permen karet yang mengandung sorbitol dapat menyebabkan masalah perut. Sorbitol tidak dapat dicerna dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut atau bahkan diare.

Diare berarti dehidrasi. Pemanis buatan juga dapat memicu sakit kepala. Jika tenggorokan Anda gatal dan perlu bantuan, pilihlah obat batuk yang dimaniskan dengan madu, tanpa sorbitol.

6. Makanan keras atau renyah

Makanan renyah dengan tekstur kasar dapat mengiritasi tenggorokan dan memperparah batuk atau sakit tenggorokan. Seperti kerupuk, kacang-kacangan, dan bahkan sayuran mentah. Sebaliknya, tetaplah dengan makanan yang memiliki tekstur yang mudah ditelan.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.