4 Tips Kece Jalani Wawancara Kerja Secara Daring

  • Rabu, 24/11/2021 - 09:24 WIB
Sobat Souja, sejak era pandemi melanda, maka manusia mulai terbiasa melakukan segala aktivitas secara daring. Tak terkecuali wawancara kerja. Sebagian besar perusahaan menerapkan metode daring untuk mewawancarai kandidat. Melansir IDN Times, wawancara kerja daring bukan berarti kamu tidak mempersiapkan diri dengan matang seperti wawancara kerja secara luring. Lantas apa saja hal yang perlu disiapkan? Simak ulasannya berikut ini.


Penampilan
Kamu perlu mengenakan pakaian rapi dan tampak profesional di depan para pewawancara. Ini akan memberi kesan bahwa kamu benar-benar niat dan siap untuk melakukan wawancara. Sesuaikan pakaian dengan budaya perusahaan yang dituju. Jika melakukan sesi wawancara bersama perusahaan rintisan atau start up, mungkin kamu bisa mengenakan busana yang santai, namun tetap rapi. Selain pakaian, para kandidat perempuan bisa mempertimbangkan riasan agar tidak terlihat pucat atau berlebihan.


Koneksi Internet
Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melaksanakan wawancara secara daring ialah koneksi internet. Tak jarang sesi video call terhambat lantaran konseksi yang tidak stabil. Jika tiba-tiba terputus di tengah jalan, tentu sangat merepotkan.  Oleh karena itu, pastikan kamu berada di tempat dengan sinyal yang baik. Pastikan pula laptop sudah terhubung Wi-Fi dengan koneksi stabil agar bisa menghindari gangguan.


Persiapan Teknis
Sebelum melakukan sesi wawancara, siapkan semua perlengkapan, mulai dari laptop atau device lainnya, headset, dan peralatan lain. Lakukan tes audio dan kamera, sehingga wawancara berjalan lancar. Selain itu, cari tempat dengan cahaya atau lighting yang tepat agar wajah tampak jelas di layar. Saat menerima undangan interview, para rekruter akan melampirkan link sesi wawancara. Pastikan segala sesuatunya siap 20 menit sebelum wawancara daring berlangsung, ya! 


Berlatih Berbicara
Tak dapat dipungkiri, wawancara daring memang tidak setegang walk-in interview pada umumnya. Sebab, kita tidak bertemu langsung dengan pewawancara dan juga bisa memilih tempat yang nyaman, sehingga ketegangan bisa berkurang. Namun, ini takkan menghilangkan rasa gugup kamu sepenuhnya. Oleh karena itu, coba berlatih wawancara sampai lancar. Jangan lupa untuk selalu melakukan eye-contact dengan kamera, seolah-olah kamu sedang melihat langsung pewawancara. Perhatikan juga bahasa tubuh agar terlihat nyaman. Jika perlu, rekam dirimu saat berbicara agar kamu bisa mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan.


Selamat mencoba, Sobat Souja!


Sumber: IDN Times


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.