Boleh Saja Menyimpan Telur di Kulkas, Tapi Ada Syaratnya

  • Sabtu, 03/09/2022 - 14:30 WIB
Hai, Sobat Souja! Menyimpan telur ternyata tidak boleh sembarangan. Ada cara menyimpan telur yang perlu diperhatikan.

Anda yang hobi menyetok telur di rumah mungkin senang menyimpannya di dalam kulkas. Tujuannya, agar telur awet dan tidak cepat habis. Apalagi sekarang, saat harga telur sedang melambung tinggi.

Harga telur memang masih mahal. Bahkan di beberapa pasar tradisional di Jakarta, harganya melambung hingga menyentuh Rp32 ribu per kilonya.

Tapi, apakah menyimpan telur di kulkas sudah jadi pilihan yang bijak?

Dokter spesialis gizi di RSIA Melinda Bandung, Johanes Casay Chandrawinata mengatakan, menyimpan telur di kulkas adalah pilihan yang bijak. Pasalnya, telur membutuhkan suhu yang cukup dingin, yaitu antara 4-8 derajat Celcius.

"Suhu dingin berguna untuk memperlambat perkembangan bakteri di dalam telur, salah satunya Salmonella yang bahaya kalau sampai termakan manusia," kata Johanes saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (31/8).

Sebaliknya, saat telur disimpan di suhu ruang, bakteri jadi lebih mudah berkembang biak. Telur juga bisa cepat busuk dan rusak.

Cara Menyimpan Telur di Dalam Kulkas

Pilihan menyimpan telur di kulkas memang sudah benar. Tapi ternyata ada beberapa cara menyimpan telur di kulkas yang benar.

Berikut adalah hal-hal yang tak boleh dilakukan dan diperhatikan.

1. Jangan menyimpan telur di pintu kulkas

Pintu kulkas kerap menyediakan tempat penyimpanan telur. Tak sedikit juga orang yang sengaja menyimpan telur di pintu. Padahal, cara ini, menurut Johanes, benar-benar salah.

Alasannya, perubahan suhu di pintu kulkas sangat mudah terjadi. Hal ini berisiko merusak telur karena terlalu sering berada di tempat yang suhunya mudah berubah.

"Lebih baik simpan telur di dalam kulkas, tapi jangan di freezer, yang suhunya stabil saja antara 4 sampai 8 derajat Celcius," kata Johanes.

2. Telur tak perlu dicuci

Sebagian orang mungkin menganggap telur yang dicuci lebih sehat dan bersih. Padahal, cara ini berbahaya karena bisa membuka pori-pori pada cangkang telur dan membuatnya mudah dimasuki bakteri.

"Apalagi kalau mencuci pakai sabun, ini tidak boleh sama sekali," kata dia.

3. Jangan menyimpan telur secara terbuka

Simpan telur di dalam kulkas, lengkap dengan karton yang biasanya jadi wadah telur saat dibeli. Artinya, telur tak perlu dikeluarkan dulu dari wadah. Langsung saja simpan di dalam kulkas.

Menurut Johanes, kehadiran karton bisa menghambat masuknya bakteri atau patogen lain ke dalam telur.

Tapi, jika telur tidak memiliki karton, sebaiknya simpan telur di wadah yang sangat tertutup. Cara berguna agar telur tidak bercampur dengan aroma lain di dalam kulkas.

4. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Seperti makanan lainnya, telur juga memiliki masa kedaluwarsa. Jika Anda membeli telur, sebaiknya tanyakan kapan masa pemakaiannya habis.

5. Perhatikan posisi penyimpanan

Biasanya Anda mungkin menyimpan telur seenaknya. Ada yang menonjol ke bawah atau sebaliknya. Padahal, cara menyimpan telur ini penting karena bisa memengaruhi kualitas isi telur.

"Sebaiknya bagian kecilnya telur yang menonjol itu di bawah, dan yang gemuk bulat besarnya itu di atas. Ini estetika isi telurnya, ya, agar kuningnya bisa berada di tengah-tengah," kata dia.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.