6 Makanan yang Merusak Paru-paru, Ada Sayur yang Sering Dianggap Sehat

  • Minggu, 04/09/2022 - 11:46 WIB
Hai, Sobat Souja! Paru-paru jadi salah satu organ tubuh yang punya peran vital. Beberapa makanan yang merusak paru-paru berikut perlu dihindari agar organ tetap sehat.

Paru-paru merupakan organ respirasi yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi. Organ ini berfungsi untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Kerusakan pada paru-paru bisa memicu masalah kesehatan lainnya.

Makanan yang Merusak Paru-paru

Penting untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Salah satunya melalui asupan makanan.

Beberapa makanan diketahui bisa memicu sejumlah masalah pada organ paru-paru. Berikut diantaranya, mengutip berbagai sumber.

1. Sosis

Mengutip WebMD, dosis dan daging olahan lainnya ditemukan bisa mengganggu fungsi paru-paru.

Peneliti menduga, senyawa nitrit yang digunakan dalam memproses daging, dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru.

2. Basreng

Makanan yang merusak paru-paru lainnya adalah basreng alias bakso goreng. Makanan ini diolah dengan jumlah penggunaan garam yang tinggi. Makanan kaya garam disebut dapat membuat fungsi paru-paru menurun.

Studi menemukan, orang yang sering mengonsumsi makanan tinggi garam lebih berpotensi mengalami bronkitis jangka panjang. Selain itu, asupan tinggi natrium juga bisa memperburuk gejala asma.

Selain basreng, masih banyak makanan tinggi garam lainnya yang tersedia. Mulai dari keripik kentang, camilan asin, gorengan, dan masih banyak lagi.

3. Gorengan

Makanan satu ini sebenarnya tak secara langsung merusak paru-paru. Namun, kandungan lemaknya yang tinggi membuat makanan tersebut lebih lama dicerna oleh tubuh dan bisa memicu sejumlah pencernaan. Mengutip Everyday Health, beberapa masalah pencernaan bisa berujung pada kesulitan seseorang untuk bernapas.

Selain itu, makanan yang digoreng juga bisa memicu penambahan berat badan. Saat tubuh kelebihan berat badan, paru-paru akan bekerja lebih ekstra sehingga membuat pernapasan jadi lebih sulit.

4. Roti putih

Karbohidrat sederhana seperti roti putih dapat berkontribusi pada kerusakan paru-paru.

"Diet rendah karbohidrat memungkinkan tubuh memproduksi lebih sedikit karbon dioksida, yang bagus untuk kesehatan paru-paru," ujar ahli gizi, Lisa Richards, mengutip Eat This Not That.

5. Brokoli

Dikenal sebagai 'superfood' alias makanan sehat, ternyata brokoli tak sepenuhnya memberikan dampak positif untuk tubuh.

Sama seperti gorengan, asupan brokoli dapat mengganggu kesehatan paru-paru akibat kecenderungannya untuk memicu kembung. Masalah pencernaan seperti kembung bisa memicu gangguan pada pernapasan.

6. Es krim

Susu, yang sering digunakan dalam pembuatan es krim, dapat meningkatkan produksi lendir, utamanya di saluran pernapasan.

Kondisi di atas kerap membuat seseorang mengalami batuk menerus, dahak berlebih, iritasi sinus, dan hidung tersumbat. Kesemuanya bisa mengganggu kesehatan paru-paru.

Selain es krim, Anda juga perlu menghindari produk susu lainnya seperti keju.

Demikian beberapa makanan yang merusak paru-paru. Anda perlu membatasi daftar asupan di atas jika menginginkan paru-paru yang sehat

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.