Apa yang Harus Dilakukan agar Perut Tidak Buncit?

  • Kamis, 08/09/2022 - 12:19 WIB
Hai, Sobat Souja! Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar perut tidak buncit. Perut buncit tak hanya mengganggu penampilan, tapi juga rentan mendatangkan penyakit.

Mulai dari obesitas, diabetes, jantung, hingga kanker. Sebelum perut telanjur menjadi buncit, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Lalu, apa tanda bahwa perut sudah masuk kategori buncit? Sebagian orang mungkin berpendapat perut yang tidak rata sudah masuk kategori buncit.

Namun, menurut Kementerian Kesehatan, standar perut buncit yang berbahaya dan mengindikasikan obesitas sentral adalah lingkar perut di atas 90 cm bagi pria dan di atas 80 cm bagi perempuan.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar perut tidak buncit? Berikut penjelasannya.

1. Tidak makan larut malam

Cara agar perut tidak buncit yang pertama adalah tidak membiasakan diri untuk makan larut malam. Anda tetap boleh makan malam tetapi jangan terlalu larut hingga mendekati jam tidur. Sebab, ketika tidur, organ tubuh juga beristirahat.

Ketika sudah telanjur istirahat, makanan yang masuk tidak langsung diolah, sehingga rawan menumpuk dan salah satunya di area perut. Maka dari itu, sebaiknya Anda membuat jadwal makan agar perut tidak buncit.

Misalnya, makan malam berat terakhir pukul 19.00, setelah itu tidak makan lagi. Lalu, tidurlah sekitar dua hingga tiga jam setelahnya.

2. Jangan terlalu banyak makan

Anda mungkin sudah tidak makan malam, tapi Anda makan terlalu banyak pada pagi dan siang hari. Hal ini sebaiknya juga tidak Anda lakukan agar perut tidak buncit.

Sebab, makan terlalu banyak juga berpotensi menimbulkan penumpukan sisa kalori di dalam tubuh dan membuat perut jadi buncit. Makanlah secukupnya sesuai kebutuhan kalori per hari dan berhenti sebelum kenyang.

3. Bentuk pola makan

Anda perlu membentuk pola makan agar perut tidak buncit. Pola makan mengecilkan perut buncit pria misalnya dengan memperbanyak asupan protein ketimbang lemak.

Protein baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mencegah perut buncit. Selain itu, pola makan dengan banyak serat juga diperlukan untuk melancarkan pencernaan.

Sementara lemak sebaiknya dikurangi, khususnya lemak jenuh dari gorengan, makanan cepat saji, jeroan, dan lainnya. Pilihlah lemak sehat seperti dari ikan laut dan minyak zaitun.

4. Perbanyak air putih

Tips agar perut tidak buncit setelah makan adalah banyak konsumsi air putih. Pasalnya, air putih memiliki manfaat untuk menjaga metabolisme tubuh.

Selain itu, konsumsi air putih dalam jumlah banyak juga bisa menekan keinginan untuk makan camilan dan mengonsumsi makanan manis yang rawan membuat perut buncit.

5. Angkat beban

Seringkali orang berpikir agar perut tidak buncit, maka harus olahraga yang turut menurunkan berat badan. Padahal, tidak demikian.

Lantas, olahraga apa untuk mengecilkan perut buncit? Anda bisa coba angkat beban. Olahraga ini mampu mengecilkan perut buncit tanpa mengurangi berat badan.

Bahkan, latihan angkat beban dapat menggantikan massa lemak dengan massa otot. Dengan begitu, perut juga jadi rata.

Beberapa studi menunjukkan latihan angkat beban bisa mengurangi risiko obesitas perut atau perut buncit. Bahkan, latihan beban selama beberapa minggu bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Kardio

Selain angkat beban, Anda juga bisa coba olahraga kardio, seperti jumping jacks, mountain climbers, burpees, hingga naik-turun tangga.
Olahraga mengecilkan perut ini juga bisa membantu pembakaran lemak di area tubuh lain.

7. Hindari makan makanan berpemanis dan cepat saji

Anda mau tahu cara mengecilkan perut tanpa olahraga? Caranya pilah-pilih makanan yang Anda konsumsi. Mulai dari jangan makan makanan dan minuman berpemanis, makanan olahan, makanan beku, sampai makanan cepat saji.

Pasalnya, makanan berpemanis mengandung gula tinggi yang mengurangi laju pembakaran lemak di dalam tubuh.

Sementara makanan olahan sampai cepat saji minim nutrisi, namun tinggi kalori. Hal ini karena bahan tepung yang bisa membuat gula darah meningkat.

8. Jangan minum alkohol

Selain membatasi makanan, hal lain yang harus dilakukan agar perut tidak buncit adalah tidak minum alkohol. Sebab, alkohol bisa menghambat pembakaran lemak di dalam tubuh, sehingga menumpuk di perut dan menimbulkan buncit.

9. Stop merokok

Rokok juga membuat lemak menumpuk di perut. Studi melaporkan bahwa merokok cenderung mendorong lemak ke daerah pusat atau lemak viseral.

Tak hanya itu, rokok juga akan mendatangkan risiko penyakit, seperti memicu penyakit jantung hingga kanker. Maka sebaiknya jangan merokok.

10. Tidur cukup

Cara mengecilkan perut buncit berikutnya adalah tidur yang cukup. Anda mungkin tak percaya. Namun nyatanya manusia memang membutuhkan jam tidur yang cukup.

Saat tubuh tidak mendapat porsi tidur yang cukup, tubuh akan kelelahan dan Anda jadi gampang lapar.

Hal ini rentan membuat makan jadi tidak terkontrol, termasuk makan dalam porsi banyak dan pada larut malam. Ujungnya, perut menjadi buncit. Maka dari itu, tidurlah yang cukup setiap harinya.

Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.