5 Manfaat Air Kelapa Hijau, Bantu Ginjal Tetap Sehat

  • Selasa, 06/09/2022 - 09:30 WIB
Hai, Sobat Souja! Ada banyak jenis kelapa, salah satunya kelapa hijau. Simak manfaat kelapa hijau tepat di momen Hari Kelapa Sedunia yang jatuh pada Jumat (2/9) ini.

Kelapa hijau sempat naik pamor sebab diklaim mampu menyembuhkan Covid-19. Hanya saja, ahli membantah hal ini.

Hingga kini belum ada riset yang mampu menemukan dosis atau kapan air kelapa harus diminum untuk mengatasi penyakit tertentu.

Kendati demikian, bukan berarti air kelapa hijau tidak membawa dampak buat tubuh.

Tak hanya memuaskan dahaga, air kelapa hijau membawa manfaat sebagai berikut.

1. Bantu jaga imun

Air kelapa hijau mengandung 90 persen air dengan komponen mineral. Air kelapa hijau pun mengandung antioksidan dan asam amino yang bisa membantu meningkatkan kadar antibodi.

Peran antioksidan ini dilakukan oleh vitamin C.

Namun, disarankan tidak mengonsumsi air kelapa hijau bersama dengan obat-obatan tertentu. Kandungan mineral pada air kelapa hijau dikhawatirkan memicu reaksi saat bertemu obat.

2. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh

Seperti dilansir dari Healthline, air kelapa hijau mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, kalsium, magnesium dan potasium. Semua nutrisi ini memberikan manfaat buat tubuh, misalnya untuk sistem kekebalan tubuh.

3. Memelihara kesehatan jantung

Ilustrasi. Memelihara kesehatan jantung, salah satu manfaat kelapa hijau. (Istockphoto/clubfoto)
Manfaat air kelapa hijau salah satunya membantu memelihara kesehatan jantung.

Sebuah riset pada tikus menemukan kelompok tikus yang diberi makan tinggi lemak dan kolesterol mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida saat diimbangi dengan pemberian air kelapa.

Kemudian, studi terbatas pada 2005 menemukan air kelapa bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi. Namun, studi ini masih memerlukan studi lanjutan.

4. Hidrasi kilat

Anda tidak memerlukan minuman olahraga alias sport drink dalam kemasan. Cukup air kelapa hijau dan tubuh akan kembali terhidrasi dengan cepat.

Dilansir dari Medical News Today, air kelapa mampu bertindak seperti minuman olahraga dalam kemasan. Cairan tubuh yang hilang karena sekresi keringat akan cepat tergantikan berkat air kelapa.

5. Menyehatkan ginjal

Konsumsi air kelapa hijau secara teratur bisa menyehatkan ginjal. Berdasar studi pada 2018, urine pada partisipan tanpa batu ginjal mengandung lebih banyak sitrat, potasium dan klorida setelah minum air kelapa. Hal ini mengindikasikan bahwa manfaat air kelapa hijau membantu meluruhkan batu ginjal atau mencegah pembentukan batu ginjal.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.