Cara Membuat Sushi Mentai Rumahan Isi Sosis Ayam ala Chef Devina Hermawan

  • Kamis, 08/09/2022 - 10:38 WIB
Hi sobat Souja! Sushi merupakan makanan khas Jepang yang juga cukup populer di Indonesia. Sejatinya, gulungan nasi sushi ini berisi ikan tuna mentah. Namun, saat ini sudah semakin banyak varian sushi yang bisa dinikmati. Mulai dari variasi isi sampai toppingnya, salah satu yang populer adalah mentai sushi.

Tenang saja, jika kamu belum pernah menemui menu ini atau bahkan mencobanya, kamu bisa membuatnya sendiri loh di rumah!

Berikut resep mentai sushi ala Chef Devina Hermawan

Bahan nasi sushi:
- 1 ½ cup beras, cuci
- ½ cup beras ketan, cuci
- 2 cup + 4 sendok makan air

Bahan cuka sushi:
- 4 sendok makan cuka beras
- 2 sendok makan air
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 ½ sendok teh garam

Bahan isi sushi:
- 7 pcs sosis ayam
- 1 timun jepang, iris dan buang bijinya

Bahan saus mentai:
- 9 sendok makan mayonaise
- 1 ½ sendok makan saus sambal
- 1 ½ sendok makan saus tomat
- 1 sendok makan bubuk cabai
- 1 siung bawang putih, cincang halus
- 2 sendok makan cuka beras
- ½ sendok teh garam
- ¼ sendok teh merica
- 4 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh kaldu jamur

Bahan saus kecap asin:
- 2 sendok makan madu
- 2 sendok makan kecap asin

Bahan adonan tempura:
- 10 sendok makan tepung terigu protein rendah
- 25-30 sendok makan air dingin
- 1 sendok teh cuka
- ½ sendok teh baking soda

Pelengkap
- 3 lembar nori, ukuran 20x20 cm
- Tepung terigu untuk coating tempura
- Minyak

Cara membuat sushi mentai rumahan:

-Masak beras dan beras ketan yang sudah dicuci menjadi satu menggunakan rice cooker.
- Sementara itu, campurkan semua bahan cuka sushi sampai larut lalu tuangkan ke nasi yang sudah matang sampai rata, tutupi dengan lap basah supaya tidak mengering.
- Setelah itu, didihkan air untuk merebus 4 buah sosis selama 1 menit lalu tiriskan. Potong sosis dengan arah memutar supaya membentuk lembaran kemudian potong sesuai selera.
- Untuk adonan tempura, campurkan cuka dan baking soda sampai berbuih, lalu campurkan dengan air dan tepung, aduk sampai rata.
- Selanjutnya, belah 4 sosis lalu taburi permukaannya dengan tepung, celupkan ke dalam adonan tempura lalu goreng dengan minyak panas sampai berwarna kuning kecoklatan. Goreng sisa adonan tempura untuk membuat tenkatsu.
- Berikutnya, campurkan semua bahan saus mentai dan aduk sampai merata. Setelah itu, lanjut dengan mencampurkan kecap asin dan madu, sisihkan.
- Setelah itu, siapkan sushi mat dan lapisi dengan cling wrap supaya nasi tidak menempel lalu oleskan juga sedikit minyak.
- Selanjutnya, letakkan nori yang sudah dibagi menjadi dua di atasnya lalu tambahkan nasi, ratakan, tempura, irisan timun, tenkatsu, saus mentai, dan saus kecap asing. Pastikan semua bahan tersebar merata lalu gulung dan tekan-tekan supaya memadat.
- Setelah itu, buka sushi mat dan tambahkan irisan sosis rebus di atasnya, padatkan lagi dengan sushi mat lalu potong menjadi 8 bagian sama besar.
Berikutnya, tuangkan saus mentai di atas sosis lalu torch sampai saus berubah warna menjadi kecoklatan. Terakhir tambahkan tenkatsu sebagai topping.

Sushi mentai siap disantap.

Sumber: Suara.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.