5 Minuman Segar Penurun Gula Darah, Enak dan Segar Banget

  • Minggu, 11/09/2022 - 13:20 WIB
Hai, Sobat Souja! Menurunkan kadar gula darah yang tinggi ternyata tidak terbatas pada pantangan konsumsi makanan tertentu. Ada minuman penurun kadar gula darah.

Pasalnya, bukan hanya menjaga asupan makanan, Anda juga harus tahu minuman penurun kadar gula darah yang bisa Anda nikmati sehari-hari.

Memiliki diabetes berarti Anda harus menyadari semua yang dimakan atau minum. Penting juga untuk mengetahui jumlah karbohidrat yang dikonsumsi karena ini bisa memengaruhi kadar gula dalam darah Anda.

Sebagaimana dilansir Healthline, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan minuman nol kalori atau rendah kalori. Alasan utamanya adalah untuk mencegah lonjakan gula darah. Lantas apa minuman penurun kadar gula darah?

1. Air

Air adalah pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Hal ini karena air tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda. Minum cukup air dapat membantu tubuh Anda menghilangkan kelebihan glukosa melalui urine.

Institute of Medicine merekomendasikan pria dewasa minum sekitar 13 cangkir sehari dan wanita minum sekitar 9 cangkir.

2. Teh

Sebuah studi pada 2021 terhadap lebih dari setengah juta orang menyarankan bahwa konsumsi teh hijau setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Tapi ingat, jangan tambahkan gula pada teh Anda.

3. Kopi tanpa pemanis
 
Kopi tanpa pemanis bisa menurunkan kadar gula yang tinggi pada darah. Seperti halnya teh, penting agar kopi Anda tetap tanpa pemanis.

Menambahkan susu, krim, atau gula ke kopi justru meningkatkan jumlah kalori secara keseluruhan dan dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda.

4. Jus karela

Jus Karela disebut bisa membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Sebagaimana dilansir NDTV, Ahli Gizi Anju Sood menyebut jus karela cenderung membuat insulin seseorang aktif.

Insulin yang aktif ini akan membuat gula digunakan secara memadai dan tidak diubah menjadi lemak, yang juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, jus karela mengandung zat aktif yang dikenal sebagai charantin yang dikenal sebagai agen penurun glukosa darah. Segelas jus karela di pagi hari dapat membantu mengatur dan mengelola kadar gula darah secara efektif.

5. Air Jelai (Jau)

Air jelai, barley, atau jau kaya akan serat tidak larut yang membuatnya baik untuk penderita diabetes. Dianjurkan untuk penderita diabetes karena membantu menstabilkan kadar glukosa darah.

Pastikan Anda minum air jelai tanpa pemanis untuk mendapatkan hasil yang efektif. Sifat antioksidan air jelai juga membantu mencegah berbagai penyakit lainnya.

Itulah beberapa minuman penurun gula darah yang bisa Anda nikmati sehari-hari.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.