Hai, Sobat Souja! Siapa di sini yang pernah tergiur kalau melihat penampilan pie atau kue pai di film-film Hollywood? Identik dengan makanan" />

Resep Apple Pie Tanpa Oven, Dessert Enak untuk Weekend

  • Senin, 12/09/2022 - 12:56 WIB
Hai, Sobat Souja! Siapa di sini yang pernah tergiur kalau melihat penampilan pie atau kue pai di film-film Hollywood? Identik dengan makanan kumpul-kumpul keluarga, pie bisa hadir dengan bermacam isian dan ditutup dengan kulit pie yang khas dikepang pinggirannya. Dipanggang hingga sempurna dan jadilah sebuah hidangan yang menggoda hati. Bukan hidangan yang mudah untuk dibuat, tapi ada jalan pintas menarik untuk kamu yang tertarik mencoba kelezatannya. Resep apple pie tanpa oven dari Masak Apa Hari Ini adalah solusinya!

Apakah Apple Pie Tanpa Oven Itu?

Seperti halnya resep-resep lokal Indonesia yang menggunakan label “tanpa santan” dan kemudian digantikan susu, apple pie kali ini menggunakan jargon “tanpa oven” karena ada satu proses masak yang digantikan. Dari yang biasanya dipanggang, apple pie berikut justru digoreng, sehingga ini memudahkan orang Indonesia yang tidak selalu ada oven di rumahnya.

Pertama, kamu perlu membuat apple compote terlebih dahulu dan persiapkan kulit pie yang kamu bisa buat sendiri dengan mudah. Isi kulit pie, lipat, dan rekatkan dengan olesan telur, serta tekan-tekan ujungnya dengan garpu. Goreng hingga keemasan dan apple pie tanpa oven yang lezat siap untuk disantap.

Kenalan Dulu dengan Apple Compote

Segala macam pie buah tidak akan lengkap tanpa kehadiran compote sebagai elemen utamanya. Compote merupakan buah-buahan yang dimasak dengan gula, air, dan rempah. Dalam resep kali ini, gunakan buah wajib untuk apple pie yaitu jenis Granny Smith yang berwarna hijau. Masak dengan brown sugar dan padukan dengan rempah seperti kayu manis dan pala. Masak hingga menyusut dan kemudian kentalkan dengan menggunakan tepung maizena. Ini akan menjadikan apple pie terasa berisi sekaligus kaya rasanya.

Pada dasarnya compote adalah dessert historis asal abad pertengahan Eropa yang berdiri sendiri dan bisa disajikan hangat ataupun dingin. Zaman sekarang, compote biasa dipadukan dengan whipped cream ataupun es krim. Nah, ini bisa jadi ide yang bagus untuk kamu coba pada apple pie tanpa oven dari resep ini. Istilahnya dalam bahasa Prancis adalah a la mode, atau apple pie yang disajikan dengan es krim. Seru, bukan?

Ngomong-ngomong, kalau kamu suka resep ini dan ingin coba resep pie atau dessert lainnya, pastikan untuk tinggalkan pesan di akun Instagram Masak Apa Hari Ini, ya! Jangan lupa juga untuk follow dan like juga sekalian. Selamat memasak!

Bahan-bahan
Buavita Orange
1 butir telur ayam, kocok lepas
Minyak, untuk menggoreng
Kulit pie
310g tepung terigu
135g mentega tawar dingin
150ml air es
½ sdt baking powder

Apple compote

350ml Buavita Orange
3 buah apel Granny Smith, potong dadu 1 cm
2 sdm brown sugar
¼ sdt garam
1 sdt kayu manis bubuk
½ sdt pala bubuk
3 sdm mentega tawar
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air

Cara membuat

1 Apple compote: Masak Buavita Orange, brown sugar, dan garam di atas api kecil hingga hampir mendidih. Masukkan potongan buah apel, kayu manis bubuk, pala bubuk, dan mentega. Masak sambil diaduk hingga apel layu dan kandungan airnya menyusut. Tambahkan larutan tepung maizena dan aduk hingga mengental. Angkat. Sisihkan hingga tidak panas.

2 Kulit pie: Masukkan tepung, mentega, dan baking powder, aduk hingga rata menggunakan garpu atau pastry cutter. Tuang air es sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menyatu. Bungkus dalam plastic wrap. Diamkan selama 25menit di dalam kulkas.

3 Bagi adonan menjadi 2 bagian. Ambil salah satu adonan, gilas hingga tipis, potong menjadi 6 bagian membentuk persegi panjang.

4 Taruh masing-masing 1 sdm apple compote ke separuh bagian potongan adonan. Olesi seluruh bagian pinggirnya menggunakan telur kocok. Tutup adonan yang diisi dengan apple compote menggunakan adonan yang polos atau tanpa diisi. Rekatkan pinggirannya menggunakan garpu sambil sedikit ditekan. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

5 Panaskan minyak, goreng apple pie hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan.

Sumber: Masakapahariini.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.