Apa Saja Produk Skincare untuk Menghilangkan Komedo Hitam? Ini 7 Rekomendasinya

  • Senin, 12/09/2022 - 11:14 WIB
Hi sobat Souja! Selain jerawat, komedo menjadi salah satu masalah paling umum yang dihadapi banyak orang. Sederet produk skincare untuk menghilangkan komedo tersedia di pasaran, namun sudahkah Anda menggunakan yang paling tepat sesuai kebutuhan?

Komedo pada dasarnya merupakan folikel rambut yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri sehingga menjadi lubang lebar di permukaan kulit. Komedo secara teknis dibagi menjadi dua, yakni komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads).

Ketika semua kotoran tersebut mengenai udara terbuka (karena bukaannya yang lebar), ia teroksidasi dan berubah warna menjadi hitam, inilah yang namanya blackheads.

Jika whiteheads cenderung lebih mudah diatasi, bagaimana cara menghilangkan komedo hitam?

Nah berikut beberapa produk skincare untuk menghilangkan komedo hitam yang disarankan, dirangkum dari Healthline.

1. Face wash mengandung salicylic acid

Asam salisilat (salicylic acid) adalah kandungan terbaik untuk mengobati blackheads dan whiteheads karena memecah bahan yang menyumbat pori-pori seperti minyak berlebih dan sel kulit mati.

Namun banyak orang cukup sensitif terhadap asam salisilat. Jika Anda salah satu pemiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan seminggu sekali saja. Jika terjadi iritasi hentikan penggunaan.

2. Scrub

Scrubbing secara teratur dapat membantu menghilangkan jumlah sel kulit mati yng berlebihan yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Proses ini juga dapat menghilangkan komedo yang ada.

Daripada mencari scrub yang keras, sebaiknya fokus pada kandungan asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA).

Keduanya bekerja dengan menghilangkan lapisan atas kulit. Secara teori, ini dapat memperbaiki munculnya kerutan dan bintik-bintik penuaan, sembari membersihkan pori-pori dan membuat kulit lebih lembut.

3. Clay mask

Penggunakan clay mask membantu mengeluarkan minyak dan racun dari kulit, yang membantu membuka pori-pori. Beberapa clay mask mengandung belerang (sulfur) yang berfungsi untuk memecah sel-sel kulit mati yang membentuk komedo.

Produk ini cocok untuk kulit berminyak, namun bukan berarti pemilik kulit kering tidak bisa menggunakannya. Jika kulit Anda kering, segera bilas setelah beberapa menit.

Apa pun masker yang Anda pilih, Anda dapat menggunakannya seminggu sekali atau dua kali seminggu.

4. Charcoal mask

Seperti clay mask, masker arang bekerja jauh di dalam kulit untuk mengeluarkan minyak dan kotoran lainnya. Arang dipercaya membawa manfaat tersebut ke tingkat yang lebih tinggi.

5. Produk non-comedogenic

Pembersih, masker, dan eksfoliator yang tepat mungkin tidak bekerja maksimal jika Anda tidak menggunakan riasan wajah dan produk wajah non-comedogenic.

Non-comedogenic berarti produk tersebut tidak akan menyebabkan komedo atau pori-pori tersumbat. Karena tidak semua produk di pasaran adalah non-comedogenic, jadi Anda harus membaca label dengan cermat.

6. Micellar water

Menghapus riasan sebelum tidur adalah hal wajib jika Anda tidak ingin komedo mucul. Anda bisa menghapusnya dulu dengan micellar water untuk mengangkat kotoran, debu, dan sisa make up yang menempel pada kulit wajah. Penggunaan micellar water membuat proses membersihkan wajah menjadi lebih maksimal.

7. Chemical peeling

Jika Anda tidak suka dengan produk physical peeling sepeti scrub, produk chemical peeling yang mengandung AHA atau BHA bisa dipilih. Ia bekerja mengangkat sel-sel kulit mati hingga lapisan terdalam yang membuat kulit baru lebih halus, cerah, dan kencang.

Metode perawatan ini mungkin sangat membantu jika Anda juga mencari manfaat antipenuaan.

Demikian 7 rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo. Lakukan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Tapi jika produk di atas tidak ampuh mengatasi, Anda bisa berkonsultasi pada dokter kulit atau melakukan treatment di klinik kecantikan.

Sumber: Suara.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.