Ini Perbedaan Mocktail dan Koktail, Mana yang Mengandung Alkohol?

  • Senin, 12/09/2022 - 14:16 WIB
Hi sobat Souja! Jika hanya dengan mendengar namanya, kocktail dan mocktail akan terlihat sama. Terlebih keduanya sama-sama dapat ditemukan di bar.

Namun, terdapat perbedaan koktail dan mocktail yang spesifik, salah satu diantaranya adalah ada yang mengandung alkohol, sehingga tidak semua orang bisa mengkonsumsinya.

Dilansir dari laman jav at point, berikut perbedaan mocktail dan koktail, jangan sampai salah memesan!

Apa itu koktail?

Koktail adalah minuman yang dihasilkan oleh pencampuran rasa, di mana salah satu bahan utamanya adalah alkohol. Koktail dengan rasa asam biasa dikonsumsi sebelum makan malam, sementara koktail dengan rasa manis biasa dikonsumsi setelah makan malam.

Apa itu mocktail?

Mocktail adalah minuman campuran non-alkohol, jadi siapa pun bisa mengkonsumsinya. Nama mocktail diambil dari mock yang berarti mengolok-olok dan tail yang diambil dari koktail karena tampilannya yang mirip dengan koktail.

Perbedaan bahan mocktail dan koktail

Seperti yang dijelaskan di atas, kedua minuman ini sama-sama campuran dari minuman berbagai rasa lainnya seperti sirup, jus buah, es teh, dan lain sebagainya. Keduanya juga sering dilengkapi dengan potongan buah. Namun bedanya, koktail ditambah dengan alkohol sementara koktail tidak.

Dengan perbedaan bahan tersebut harga koktail umumnya juga jauh lebih mahal daripada mocktail.

Perbedaan rasa mocktail dan koktail

Mocktail memiliki rasa yang lebih manis daripada koktail karena di dalamnya hanya ada campuran jus buah dan sirup gula. Sementara itu, koktail cenderung lebih asam atau pahit karena sebagian besar bahannya adalah alkohol. Warna mocktail dan koktail sama-sama warna-warni saja, jadi lebih baik tanyakan terlebih dahulu minuman yang ada sebelum Anda mencicipinya.

Perbedaan cara membuat mocktail dan koktail

Karena hanya mencampurkan berbagai minuman berasa saja, siapapun bisa membuat mocktail dan juga bisa dikonsumsi oleh siapapun tanpa batasan usia. Sementara itu, koktail hanya bisa dibuat oleh seorang bartender atau seseorang yang memang memahami teknik pencampuran alkohol dengan bahan minuman lain. Koktail hanya bisa dikonsumsi oleh batasan usia tertentu dan akan menyebabkan mabuk

Merek koktail terpopuler:

Manhattan
Alexander
Dirty martini
French connection
Green Russians

Merek mocktail terpopuler:

Mojito
Deep blue
Fired ice
Queens punch
Shirley temple

Demikian informasi mengenai perbedaan mocktail dan koktail, jangan sampai salah saat memesannya dan ingatlah bahwa koktail adalah yang mengandung alkohol dan bisa membuat Anda mabuk, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Sumber: Suara.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.