Pemilik Kulit Kering? Hindari Produk Makeup yang Memiliki Bahan Ini

  • Selasa, 13/09/2022 - 14:55 WIB
Hi sobat Souja! Bagi pemilik kulit kering, memakai produk yang tidak semakin membuat kering adalah keharusan. Karenanya, penting untuk mengetahui beberapa bahan dalam skincare atau produk makeup yang tidak cocok untuk kulit kering.

Untuk produk makeup, berikut 5 bahan yang harus dihindari pemilik kulit kering, dilansir dari Byrdie.

1. Alkohol

Alkohol bisa mengeringkan dan mengiritasi. Bahan ini mungkin muncul dalam beberapa bentuk yang berbeda menurut Rhonda Klein, MD, MPH, FAAD, seorang dokter kulit di Modern Dermatology .

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Beauty Blender, Salah Satunya Bisa Pakai Microwave

"Alkohol SD, Alkohol Terdenaturasi, atau Isopropil Alkohol, adalah istilah yang harus diwaspadai—kesamaan di masing-masingnya adalah mengeringkan kulit," katanya.

Biasanya bahan ini sering ditemukan pada produk makeup yang bersifat matte.
alas bedak
Ilustrasi pemilik kulit kering memakai makeup foundation

2. Parfum/wewangian

Wewangian adalah irritant kulit yang umum dan dapat mengiritasi kulit kering serta memicu timbulnya eksim. Wewangian sintetis dan alami sering ditambahkan ke produk untuk membuatnya harum, mereka dapat merusak jika Anda memiliki kulit sensitif atau kering.

3. Paraben

Baca Juga: 7 Jenis Complexion untuk Base Makeup, BB Cream hingga Foundation

Paraben adalah pengawet dan bahan sintetis yang ditambahkan ke produk yang dimaksudkan untuk memperpanjang umur simpannya. Paraben mungkin mengiritasi mereka yang memiliki kulit kering karena lebih rentan terhadap iritasi dan alergi.

4. Glycolic Acid

Glycolic acid yang merupakan exfoliant kimia umumnya digunakan untuk mengurangi, membersihkan komedo, dan pori-pori yang tersumbat. Meskipun penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati, Anda tidak memerlukan bahan ini dalam formula makeup jika memiliki kulit kering.

5. Salicylic Acid

Bahan ini umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit yang dipasarkan untuk mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Direkomendasikan bagi pemilik kulit kering untuk menghindari asam salisilat dalam makeup karena pada akhirnya dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering.

Sumber: Suara.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.