Cara Membuat Udang Goreng Keju ala Mie Gacoan di Rumah, Praktis dan Dijamin Mirip

  • Kamis, 15/09/2022 - 10:21 WIB
Hi sobat Souja! Siapa yang tak kenal hidangan nan menggugah selera dari Mie Gacoan? Tak hanya mie gorengnya saja, berbagai side dish menu di restoran ini juga menggugah selera, salah satunya yakni udang goreng keju.

Udang goreng keju buatan mie gacoan ini biasanya dijual per porsinya berisi 3 butir. Daging ayam dan udang digiling kemudian diisi dengan keju, dibaluri dengan tepung panir lalu digoreng.

Ketika disantap, cita rasa daging udang dan kejunya lumer sempurna di mulut. Tidak heran jika banyak orang ketagihan dengan menu udang goreng keju Mie Gacoan ini.

Jika Mie Gacoan belum ada di daerah Anda, setidaknya yuk simak resep udang keju berikut yang sudah kami rangkum dari laman Hops.id---Jaringan Suara.com ini.

Resep udang goreng keju Mie Gacoan:

Bahan-bahan:

- 8 udang
- 300 gr ayam fillet bagian paha
- 3 siung bawang putih
- 3 sendok makan terigu
- 1 sendok makan tapioka
- 1/2 sendok teh lada
- 1 sendok teh kaldu ayam
- 1 sendok teh gula
- 1 sendok teh saos tiram
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1/3 sendok kecap ikan
- 1 butir putih telur

Cara membuat:

1. Pisahkan udang dari kulitnya dan jangan buang ekornya. Lalu cincang kasar dagingnya untuk memberi tekstur.
2. Berikutnya daging ayam fillet dichopper atau diblender bersama bumbu di atas. Untuk ayam filletnya opsional bisa menggunakan bagian paha atau dada. Namun, bagian paha lebih berlemak dan gurih jika dimakan.
3. Setelah dihaluskan daging ayamnya, tambahkan udang yang telah dicincang tadi. Aduk rata kedua bahan tersebut.
4. Lalu oleskan tangan dengan sedikit minyak agar tidak lengket saat membulatkan adonan.
5. Ambil sekiranya 1½ adonan bahan udang dan ayam. Selanjutnya pipihkan adonan serta isi dengan keju quick melt dan taruh butut udang di bagian ujungnya. Bentuk adonan sampai rata menyelimuti isiannya di dalamnya.
6. Adonan yang sudah dibentuk dicelupkan ke dalam kuning telur. Kemudian, dibalurkan ke tepung roti dan bisa diulang langkah ini dua kali agar hasilnya tertutup merata.
7. Setelah itu digoreng hingga coklat keemasan dengan api kecil sampai matang sempurna. Jika sudah tiriskan dan sajikan di piring bersama cocolan saus sambal yang kalian sesuai selera.
8. Hidangkan selagi hangat dan udang keju ini bisa buat teman camilan saat nonton film atau bisa dijadikan lauk dengan nasi hangat yang identik dengan ciri makan orang Indonesia, bila tak ada nasi belum lengkap rasanya.

Sumber: Suara.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.