Studi: Rajin Berjemur Bisa Membantumu Lebih Panjang Umur

  • Rabu, 21/09/2022 - 09:12 WIB
Hai, Sobat Souja! Selama beberapa tahun terakhir, angka harapan hidup di berbagai negara di dunia mengalami kenaikan. Pola hidup yang lebih sehat pun mulai diterapkan. Ketika menerapkan pola hidup sehat, tak hanya makanan yang lebih diperhatikan kali ini. Tapi untuk kebersihan dan kebiasaan sederhana sehari-hari juga mulai diperhitungkan. 

Adanya pandemi Covid-19 menyadarkan banyak orang untuk hidup lebih sehat dan terjaga. Termasuk hidup lebih bersih dengan rajin cuci tangan, membatasi perjalanan yang tidak begitu penting hingga mulai sadar diri untuk lebih sering berjemur di pagi hari. 

Bagi beberapa orang aktivitas berjemur mungkin dianggap sebagai hal yang sepele, namun jangan salah, berjemur di bawah mentari pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat mengagumkannya adalah membantu kita lebih panjang umur.

Berjemur Meningkatkan Imun Tubuh

Mengutip dari laman liputan6.com, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Salah satu hal tersebut adalah kebiasaan berjemur di pagi hari. Dengan sistem imun yang lebih kuat, seseorang akan lebih sehat dan berisiko rendah terjangkit berbagai penyakit. Sistem imun yang kuat juga membantu seseorang untuk lebih bahagia. 

Berjemur di bawah sinar mentari pagi juga memungkinkan seseorang untuk memiliki perasaan yang lebih tenang. Cahaya hangat dari sinar matahari pagi di jam 08.00 - 10.00 akan membuat pikiran lebih rileks. Dengan fisik yang sehat dan pikiran yang rileks, ini akan membantu seseorang memiliki semangat hidup yang lebih baik dan usia yang lebih panjang.

Manfaat Lain Berjemur Selain Bikin Panjang Umur

Berjemur di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai beirkut: 

1. Meningkatkan fungsi otak.
2. Membantu mencegah dan mengatasi stres hingga depresi.
3. Menurunkan tekanan darah.
4. Meningkatkan kesehatan tulang.
5. Mengurangi risiko penyakit kanker. 
6. Memperbaiki suasana hati atau bikin bahagia. 
7. Menyehatkan kulit. 
8. Mencegah risiko alzeimer. 
9. Bantu meningkatkan pertumbuhan anak. 
10. Baik untuk sistem pencernaan. 
11. Mencegah risiko diabetes, jantung, kerusakan paru-paru dan penyakit mematikan lainnya. 
12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. 
13. Mencegah terserang virus Covid-19.
14. Mencegah dan mengatasi bayi kuning. 

Itulah sekilas mengenai berjemur dan berbagai manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Sahabat Fimela, lebih rajin untuk bangun pagi dan sempatkan waktumu untuk berjemur sebelum memulai aktivitas pagi. 

Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.