5 Cara Tepat Menyimpan Apel, Bukan Cuma Asal Taruh di Kulkas

  • Kamis, 22/09/2022 - 09:44 WIB
Hai, Sobat Souja! Apel adalah salah satu buah yang disukai banyak orang. Selain mudah ditemukan, apel juga menawarkan rasa manis yang pas.

Tapi, seperti buah lainnya, apel juga mudah busuk apalagi jika disimpan dengan cara yang salah.

Lantas, bagaimana cara menyimpan apel agar tidak mudah busuk? Apakah aman menyimpannya di dalam kulkas hingga berhari-hari?

Cara menyimpan apel agar tetap segar

Sebagai salah satu jenis buah, apel memang tidak selalu segar. Apalagi jika Anda mendiamkannya berhari-hari, apel bisa berubah busuk atau tak renyah lagi saat dimakan.

Melansir Martha Stewart, Kepala Penyulingan Sauvage Distillery di Charlottesville, New York, Ken Wortz mengatakan, seperti buah lainnya, cara tepat menyimpan apel agar tahan lama adalah meletakkannya di tempat yang sejuk.

Jika disimpan dalam tempat yang dingin, apel bisa bertahan berbulan-bulan sejak tanggal dipetik. Namun, begitu Anda membelinya, buah ini akan bertahan satu minggu di luar lemari pendingin dan enam hingga delapan minggu di lemari pendingin.

Cara menyimpan apel agar tidak busuk juga tak sekadar menaruhnya di dalam kulkas. Masukkan apel sesegera mungkin setelah dipotong ke dalam kulkas untuk mencegah kecokelatan.

Saat disimpan, apel juga harus dibungkus rapat dengan plastik dan segera dikonsumsi dalam beberapa hari.

Sebenarnya, Anda bisa saja menaruh apel di luar kulkas, jika suhu ruangan masih cukup sejuk.

Berikut ini beberapa cara terbaik menyimpan apel agar kualitasnya tetap baik, segar dan tentunya renyah saat digigit.

1. Pisahkan apel yang busuk atau hampir busuk

Makanlah apel yang hampir busuk terlebih dahulu. Jangan biarkan apel segar disimpan bersamaan dengan apel yang busuk atau hampir busuk. Pasalnya, apel busuk bisa menulari apel lain yang masih segar.

Jika Anda menyimpan apel dalam jumlah banyak, ada baiknya memeriksanya secara berkala untuk melihat apel mana saja yang nyaris busuk dan segera memisahkannya.

2. Simpan apel di tempat gelap dan sejuk

Jika tidak memiliki lemari pendingin atau kulkas, Anda bisa menyimpannya di ruang bawah tanah yang tidak terkena sinar matahari.

Melansir Master Class, jika tidak memiliki ruang bawah tanah, simpanlah di tempat lain di rumah yang memiliki suhu rendah dan gelap.

3. Bungkus apel sebelum disimpan
Untuk menyimpan apel utuh dalam jangka panjang, bungkus setiap apel dengan kertas dan masukkan ke dalam kotak. Periksa apel seminggu sekali, dan singkirkan apel yang mengalami tanda-tanda pembusukan.

4. Bekukan apel

Anda juga dapat membekukan apel, yang dapat bertahan hingga enam bulan di dalam freezer. Masukkan apel yang sudah dipotong ke dalam jus lemon agar tidak kecokelatan, lalu keringkan.

Anda kemudian dapat membekukan apel yang dipotong, atau bahkan apel utuh, semalaman. Setelah pembekuan, pindahkan ke dalam kantong freezer untuk penyimpanan jangka panjang.

Namun, perlu diperhatikan bahwa apel yang dibekukan akan menyebabkannya kehilangan kerenyahan dan sebagian teksturnya. Apel beku paling cocok untuk resep yang membutuhkan apel matang, seperti pai apel, mentega apel, atau saus apel.

5. Jangan simpan dengan sayuran atau buah lainnya

Saat matang, apel menghasilkan etilen. Mengutip Insider, etilen adalah gas yang dapat menyebabkan produk lain di dekatnya matang sebelum waktunya.

Demi semua produk di lemari es tetap terjaga kesegarannya, sebaiknya pisahkan buah-buahan penghasil etilen seperti apel dari sayuran sensitif etilen, seperti brokoli dan kembang kol.

Demikian beberapa cara menyimpan apel agar tidak busuk. Ikuti caranya dengan mudah di rumah.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.