Cara Menanam Asparagus di Dalam Pot, dari Bibit hingga Panen Berlimpah

  • Jumat, 23/09/2022 - 09:55 WIB
Hai, Sobat Souja! Asparagus sering disebut sebagai sayuran premium yang kerap ditemukan di menu hidangan hotel dan restoran mewah. Bukan tanpa alasan, selain rasanya yang segar, renyah, beraroma, dan lezat, sayuran ini juga dikemas dengan berbagai nutrisi penting, seperti folat, vitamin A, C, dan K, serta rendah kalori.

Menariknya, asparagus merupakan tanaman tahunan yang mudah dibudidayakan. Bahkan dalam sekali tanam, kamu bisa memanennya beberapa kali selama bertahun-tahun, lho! Nah, jika kamu ingin mengembangbiakkannya di rumah, inilah cara menanam asparagus yang bisa kamu ikuti.

Syarat tumbuh asparagus

Tanaman dengan nama ilmiah Asparagus officinalis ini merupakan tanaman sayur yang sederhana. Ia mudah ditumbuhkan dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Inilah beberapa syarat tumbuh asparagus yang harus kamu ketahui sebelum menanamnya:

Media tanam yang ideal adalah tanah subur yang dikeringkan dengan baik. Ini bisa berupa tanah yang berat, sedang, atau berpasir, yang terpenting memiliki drainase yang baik. Tingkat keasaman tanah (pH tanah) adalah netral, atau berkisar antara 6,5 hingga 7.

Asparagus menyukai penyinaran matahari penuh, yaitu menerima 6 hingga 8 jam sinar matahari langsung dalam sehari.

Kelembapan yang konsisten sangat penting untuk pertumbuhan asparagus. Kamu bisa menyiramnya secara rutin setiap minggu terutama ketika masih muda.

Selama musim tanam, asparagus menyukai suhu antara 21—29 derajat Celsius pada siang hari dan 15—21 derajat Celsius pada malam hari.

Langkah-langkah menanam asparagus di dalam pot

Asparagus biasanya lebih direkomendasikan untuk ditanam di tanah, karena mereka merupakan tanaman tahunan yang bisa hidup sepanjang tahun. Akan tetapi, jika lahan yang tersedia terbatas, kamu juga bisa menanamnya di dalam pot.

Ada dua cara untuk membudidayakan tanaman ini, yakni melalui biji dan mahkota (akar tanaman). Akan tetapi, perbanyakan dengan biji biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dan tingkat keberhasilan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan perbanyakan dengan mahkota. Inilah langkah-langkah mudah menanam asparagus di dalam pot:

Menanam asparagus dari biji

1. Rendam biji semalam.
2. Semai pada media tanam dalam polybag kecil yang berisi campuran tanah subur dan pupuk organik. Tutupi dengan tanah tipis di atas benih.
3. Siram media tanam hingga lembap.
4. Biji biasanya berkecambah dalam 3 minggu. Ketika ukuran sudah mencapai sekitar 1 jengkal, kamu bisa memindahkannya ke media tanam baru dalam pot yang lebih besar.
5. Pindahkan secara hati-hati tanpa merusak media atau akar tanaman.
6. Selain menjaga kelembapan, lakukan penyiangan gulma karena asparagus tidak menoleransi gulma.

Menanam bibit dari mahkota

1. Bibit mahkota biasanya dapat dibeli di toko budi daya. Pilih akar tanaman yang masih terlihat tegak dan segar, tidak layu, atau lembek.
2. Siapkan media tanam dalam pot berukuran besar. Tanam akar tersebut dengan kedalaman sekitar 15 cm.
3. Tutup dengan tanah, lalu siram media untuk membuatnya lembap.
4. Tombak asparagus biasanya akan muncul sekitar 2 hingga 3 minggu penanaman.
5. Pada tahun pertama penanaman, tombak biasanya direkomendasikan untuk tidak dipanen terlebih dahulu dan dibiarkan tumbuh menjadi pakis, atau dipanen hanya 2 minggu. Hal ini bertujuan untuk menguatkan akar tanaman.
6. Tombak asparagus biasanya sudah bisa dipanen setelah tahun kedua penanaman.
7. Tombak asparagus yang tumbuh kokoh dan besar bisa dipetik dari tanaman. Potong tombak beberapa sentimeter di bawah tanah atau tepat di atas media tanam. Setelah dipanen, kamu bisa langsung menikmatinya menjadi olahan kesukaan kamu.

Nah, mudah bukan cara menanam asparagus di dalam pot? Yuk, langsung praktikkan!

Sumber: IDN Times

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.