5 Tanaman Bunga yang Ampuh Usir Nyamuk, Sangat Mudah Ditanam

  • Minggu, 25/09/2022 - 06:39 WIB
Hai, Sobat Souja! Tanaman pengusir nyamuk ternyata benar-benar ada. Selain mempercantik rumah, beberapa tanaman ini juga ampuh bikin nyamuk minggat.

Tak cuma mengganggu, nyamuk juga dikenal sebagai salah satu serangga pembawa penyakit. Misalnya saja parasit Plasomodium yang menyebabkan malaria atau virus Dengue penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Menyemprot cairan kimia anti-serangga memang jadi jalan termudah untuk mengusir nyamuk yang ada di rumah. Tapi terkadang, cairannya bisa menempel di bantal atau makanan yang cukup berbahaya untuk kesehatan.

Alih-alih dengan obat nyamuk, Anda bisa menggunakan cara alami mengusir nyamuk. Salah satunya dapat dilakukan melalui beberapa jenis tanaman tertentu. Berikut diantaranya.

1. Marigold
 
d 
Sumber: Rumah.com 

Salah satu bunga yang mudah tumbuh ini mengeluarkan aroma yang dibenci nyamuk. Mengutip berbagai sumber, bunga ini bukan hanya mengusir nyamuk, tetapi juga mencegah kutu daun, lalat putih, kumbang kacang, serangga squash, hingga cacing tanduk tomat.

Marigold bisa ditanam di pot dan diletakkan di dekat teras atau pintu masuk ke rumah untuk mengusir serangga.

2. Catnip atau catmint
 
d 
Sumber: Kompas.com 
 
Tanaman pengusir nyamuk lainnya adalah catnip yang cukup mudah ditanam. Perawatannya pun terbilang mudah.

Tanaman yang disukai kucing ini juga memiliki manfaat untuk bikin nyamuk menjauh.

Sebuah penelitian di Iowa State University menemukan, catnip ternyata sepuluh kali lebih efektif daripada bahan kimia yang digunakan untuk mengusir nyamuk. Nyamuk sangat membenci kandungan minyak esensial yang ada pada catnip.

3. Ageratum

Bunga berwarna ungu ini mengandung kumarin, bahan kimia yang membantu mengusir nyamuk.

Tapi, Anda juga harus berhati-hati, karena kumarin juga berbahaya untuk manusia dan hewan peliharaan jika tertelan.

4. Lavender

Bukan rahasia lagi jika tanaman ini ampuh bikin nyamuk hengkang. Melansir berbagai sumber, minyak esensial di daun tanaman ini memiliki aroma yang dibenci serangga, termasuk nyamuk.

Bahkan, dikatakan juga bahwa minyak lavender menghambat kemampuan nyamuk untuk mencium.

5. Allium atau bunga bawang

Allium adalah tanaman pengusir nyamuk lainnya. Tanaman ini memancarkan aroma bawang yang efektif untuk mengusir hama, termasuk nyamuk.

Dengan kepala bunga ungu yang mencolok, bunga ini mudah tumbuh. Anda bisa menanamnya di pot atau langsung di tanah.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.