Lelah Fisik dan Mental, Ini 9 Ciri Utama Anda Mengalami Burnout

  • Rabu, 12/10/2022 - 17:35 WIB
Hai, Sobat Souja! Burnout memang bisa dialami kapan saja dan siapa saja, termasuk di masa pandemi ini. Salah satunya tandanya bisa terlihat dari perubahan perilaku dan juga kebiasaan orang terkasih atau sahabat.

Yang dimaksud burnout adalah kondisi stres kronis di mana pekerja merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional gara-gara pekerjaannya.

Burnout umumnya dipicu oleh situasi yang berhubungan dengan pekerjaan. Namun nyatanya, aspek kehidupan lain juga dapat memicu burnout.

Mulai dari urusan rumah tangga, hubungan, hingga self-development bahkan dapat membuatmu jenuh dan burnout. Ada beberapa ciri alami yang bisa terlihat bahkan dirasakan saat Anda terkena burnout.

Berikut 9 ciri-ciri jika Anda tengah mengalami burnout.

1. Mudah kelelahan

Burnout adalah jenis stres terkait pekerjaan yang ditandai oleh tiga hal spesifik. Yang pertama adalah perasaan bahwa Anda lelah -- baik secara emosional maupun fisik.

2. Perasaan sinis

Hal kedua yang menjadi ciri burnout adalah sinisme -- kurangnya minat pada pekerjaan yang bisa menjadi negatif atau bahkan Anda tidak merasakan perasaan lagi. Kelelahan seringkali menjadi penyebab utamanya.

3. Merasa Tidak Berguna

Pilar burnout ketiga adalah rasa tidak kompeten, perasaan bahwa Anda tidak bisa efektif dalam melakukan pekerjaan.

Ini mengarah pada kurangnya pencapaian dan produktivitas. Terkadang, perasaan itu tampaknya merupakan hasil dari dua kutub kelelahan lainnya - kewalahan dan sinisme. Di lain waktu, ketiganya menyerang Anda sekaligus.

4. Membenci pekerjaan

Studi menunjukkan bahwa ketidakpuasan kerja adalah salah satu dari beberapa efek samping dari kelelahan. Hal ini juga disertai dengan rasa kosong dan hadirnya beberapa penyakit fisik dalam tubuh.

5. Mudah marah

Ketika tekanan pekerjaan Anda sering membuat kewalahan, maka diri terasa akan mudah tersinggung dengan rekan kerja Anda, atau bahkan bisa merembet ke pelanggan atau klien penting.

6. Gangguan konsentrasi

Sulit berkonsentrasi bahkan pada pekerjaan yang kerap dilakukan sehari-hari. Pada suatu kondisi, juga bisa hadir perasaan enggan mengerjakan tugas dan menunda semua tanggung jawab Anda.

7. Tidur tak berkualitas

Kesusahan tidur atau insomnia kerap melanda seseorang yang mengalami burnout berat. Kerap kali, Anda akan bisa tertidur namun tetap mengalami kelelahan setelah terbangun.

8. Mudah sakit

Kondisi kesehatan mental yang rentan dapat berdampak negatif pada sistem imunitas tubuh. Tubuh menjadi mudah untuk terserang nyeri otot dan sakit kepala.

Perubahan pada pola makan dan tidur juga sering terjadi, sehingga mengakibatkan kekebalan tubuh akan terus menurun.

9. Merasa gagal

Muncul perasaan terpuruk dan mulai membandingkan diri dengan orang lain. Anda akan merasa bahwa kegagalan adalah sahabat.

Pada kondisi ini, tak jarang orang akan mudah untuk menarik diri dari lingkungan teman terdekat hingga keluarga.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.