Mengenal Rumah Tradisional Jepang dan Fitur Ruangan Unik di Dalamnya

  • Jumat, 30/09/2022 - 09:55 WIB
Hai sobat Souja! Rumah tradisional bukan hanya sekadar tempat tinggal semata. Ia memberi banyak pengetahuan tentang kehidupan di masa lampau menggambarkan kondisi kehidupan di masa tersebut. Sama seperti rumah tradisional pada umumnya, rumah tradisional Jepang mempunyai banyak keunikan, mulai dari gaya arsitektur, dekorasi, dan filosofi yang dikandungnya. Apa saja keunikan rumah tradisional Jepang yang disebut Minka ini? Simak yuk informasinya di bawah ini!

Apa Itu Rumah Tradisional Jepang?

Dilansir dari laman Japanwondertravel, rumah tradisional disebut Minka yang secara harfiah artinya rumah rakyat. Rumah seperti ini dihuni oleh masyarakat kebanyakan dari kelas menengah, seperti petani, pedagang, dan pengrajin.

Ciri khas rumah Minka adalah minimalis, tenang dan memasukkan elemen alam ke dalam tata letak ruangannya. Di masa sekarang ini rumah Minka dilestarikan sebagai benda warisan budaya seperti yang ada di Shirakawago dan Lembah Kiso. Rumah-rumah modern di Jepang masih banyak yang mengadopsi ciri khas rumah Minka ke dalam tata letak rumahnya.

Fitur Unik di Rumah Tradisional Jepang

Di rumah Minka ada beberapa fitur yang menjadi ciri khas. Fitur-fitur ini masih dipertahankan dan diadaptasi ke dalam rumah modern masyarakat Jepang. Nah, fitur-fitur unik ini di antaranya adalah:

- Genkan: Ketika menginjakkan kaki di rumah Minka, bagian pertama yang dilihat adalah ruang genkan, yakni tepas depan tempat tamu melepas sepatu. Di ruang genkan terdapat lemari khusus penyimpanan sepatu. Ruang genkan sedikit lebih rendah daripada ruangan yang lainnya. Ketika tamu masuk, ia akan disediakan sandal rumah khusus, dan sepatunya disimpan di lemari. Ruang genkan adalah bagian rumah yang sampai ini masih dipertahankan dan menjadi ciri khas rumah Jepang.
- Ofuro: Ini adalah area mandi yang terpisah dari toilet dan wastafel. Ofuro berbentuk bak mandi yang khusus. Mandi malam hari adalah hal yang umum di Jepang dan bak mandi di Jepang digunakan oleh seluruh keluarga. keberadaan ofuro banyak menghemat air dan gas untuk mandi.
- Engawa: Koridor luar rumah. area ini mirip teras yang menghubungkan kamar dan area luar. engawa befungsi sebagai ruangan transisi dan tempat masuknya cahaya dan udara.
- Mushiko mado: Pintu geser yang berbentuk pintu panel. Fungsinya untuk menghubungkan ruang utama dan taman.
- Byobu: Partisi ruangan yang berbentuk pintu lipat. Byobu mempunyai nilai estetika tinggi karena adanya hiasan berupa lukisan atau kaligrafi shodo.

Itu dia keunikan rumah tradisional Jepang, Minka. Di rumah tradisional ini biasanya dihiasi dengan berbagai dekorasi yang kental dengan budaya dan kepercayaan Jepang, seperti aksesoris kuil, dan item-item sakral lainnya.

Sumber: Suara.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.