6 Hobi Seru yang Populer di Kalangan Anak 90-an, Kini Terlupakan

  • Selasa, 04/10/2022 - 13:49 WIB
Hi sobat Souja! Setiap generasi memiliki ciri khas dan hobi sesuai zamannya. Seiring berkembangnya zaman, hobi itu pun ikut berganti. Itu sebabnya anak zaman sekarang sering kali nggak relate dengan hobi anak zaman 90-an.
Anak zaman sekarang sering beranggapan bahwa hobi generasi 90-an itu adalah hal kuno dan ketinggalan zaman. Namun, ada juga yang justru menyukainya karena terpengaruh orang tua atau tertarik dengan hal-hal bergaya retro dan klasik.
Enam hobi ini, misalnya. Dulu pernah populer, kini jadi bahan nostalgia. Anak zaman sekarang pun jarang melakukannya.

1. Menulis Buku Harian

Bukan sekadar buku biasa, buku harian merupakan saksi bisu dari kehidupan seseorang. Semua kenangan manis dan pahit tercatat rapi di dalamnya. Karena termasuk barang yang personal, pemiliknya sering kali mengunci dan menyembunyikannya agar tidak dibaca orang lain.
Berkat perkembangan teknologi, anak zaman sekarang mungkin jarang melakukan kebiasaan itu. Mereka lebih suka menceritakan kenangan mereka di media sosial atau membuat catatan pribadi di ponsel.

2. Membuat Kliping

Mungkin banyak dari anak zaman sekarang yang tidak tahu kliping. Kliping adalah kumpulan gambar atau informasi dari berita dan majalah yang digunting, kemudian ditempel di satu buku. Anak 90-an biasanya membuat kliping untuk tugas sekolah atau sekadar mengumpulkan gambar tentang sesuatu yang mereka sukai
Anak zaman sekarang mungkin tidak akan merasakan sulitnya mencari gambar atau informasi. Tidak juga harus menunggu majalah edisi khusus berhari-hari. Tinggal cari di internet, semua yang mereka inginkan akan muncul dalam hitungan detik.

3. Menulis Surat

Hobi yang satu ini jelas tidak akan dilakukan oleh anak zaman sekarang. Siapa coba yang mau repot-repot menulis surat? Tinggal ketik chat atau email lewat ponsel, semua pesanmu akan sampai ke penerima secepat kilat.
Beda dengan anak 90-an yang harus menulis surat kalau ingin berkomunikasi jarak jauh. Mereka juga harus sabar berhari-hari untuk menunggu balasan. Mungkin itu alasannya anak 90-an lebih tahan LDR-an, ya.

4. Filateli

Hobi yang satu ini berhubungan dengan hobi sebelumnya. Kalau seseorang sering mengirim surat, otomatis mereka akan sering membeli dan mendapatkan prangko di surat balasannya. Daripada dibuang, mereka pun mengoleksi prangko-prangko tersebut. Kebiasaan itu disebut filateli.
Kalau anak zaman sekarang mungkin akan terheran-heran dan tidak tahu tentang prangko, ya.

5. Baca Buku

Aroma buku baru merupakan hal favorit bagi para pencinta buku. Orang yang hobi baca buku sering hunting buku di toko buku bekas agar mereka bisa mendapatkan buku murah dan bisa beli lebih banyak. Mirip adegan film Ada Apa Dengan Cinta saat Rangga mengajak Cinta ke toko buku bekas.
Mungkin sedikit anak zaman sekarang yang hobi membaca buku. Mereka lebih suka mencari informasi di internet dan media sosial. Itulah sebabnya generasi sekarang rawan terkena hoaks.

6. Koleksi Kaset Pita

Sebelum musik dapat didengarkan lewat CD, para musisi menjual album mereka dalam kaset pita atau tape radio. Penggemar musik era 90-an selalu mengoleksi album idolanya. Ada juga yang suka membeli kaset kosong untuk membuat rekaman sendiri atau menyusun playlist buat ngode gebetan.
Anak zaman sekarang mungkin asing banget sama barang itu, ya. Pasalnya, saat ini mereka tidak perlu repot-repot beli album fisik karena semuanya bisa diakses secara digital. Membuat playlist untuk gebetan pun cukup menggunakan platform musik yang bisa diunduh secara gratis.

Itu tadi enam hobi yang populer di kalangan generasi 90-an. Hobi mana yang pernah kamu lakukan saat remaja dulu?

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.